KSAL Laksamana Marsetio Diberi Gelar “Tuha Samega Asi”

Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi mengenakan kostum tradisional Nias Selatan kepada KSAL Laksamana Marsetio | Dispenal Mabesal

Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi mengenakan kostum tradisional Nias Selatan kepada KSAL Laksamana Marsetio | Dispenal Mabesal

NIASSATU, NIAS SELATAN – Peresmian Pangkalan TNI AL (Lanal) Nias di Telukdalam, Kabupaten Nias Selatan pada Kamis (21/11/2014) juga ditandai dengan pemberian gelar kehormatan kepada Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Marsetio.

Adapun gelar yang diberikan adalah Tuha Samega Asi yang artinya Pemimpin Pengawal Samudera Raya. Laksamana Marsetio juga dikenakan kostum tradisional lengkap Nias Selatan dan rai (‘mahkota’) dan berbagai kegiatan simbolik lainnya untuk pengukuhan tersebut.

Peresmian Lanal Nias tersebut dilakukan langsung oleh Laksamana Marsetio. Dalam acara yang dihadiri ribuan warga Nias tersebut juga diisi dengan atraksi kemahiran prajurit TNI Al, di antaranya, atraksi terjun payung dari Satuan Komando Pasukan Katak Armada RI Kawasan Barat. Juga dimeriahkan aksi kolone senapan dari prajurit KRI Teluk Gilimanuk-531. Tak ketinggalan tarian perang khas Nias.

Semua kepala daerah di Pulau Nias juga hadir pada acara tersebut, termasuk Staf Khusus KSAD Mayjen Christian Zebua. (ns4)

About the Author

Leave a Reply

*

Translate »