Siap-siap, Tahun Depan KPK Buka Cabang di Sumatera

NIASSATU, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai melebarkan sayap ke daerah. Mulai tahun depan, akan membuka perwakilan di daerah. Untuk pertama sekali sebagai proyek percontohan, KPK akan membuka perwakilan di wilayah Sumatera.

“Tahun depan kami akan mencoba membuka cabang di salah satu provinsi di Sumatera,” ungkap Bambang di Jakarta Pusat, Minggu (14/12/2014).

Dengan adanya perwakilan di daerah, kata dia, akan membuat pegawasan lebih dekat dan efisien dari sisi waktu.

Dia mengatakan, bila cabang di Sumatera itu sesuai yang diharapkan, maka dalam 10 tahun ke depan, KPK akan membuka hingga 5 cabang di seluruh Indonesia.

Meski begitu, Komisioner KPK Bambang Widjojanto belum menyebutkan secara spesifik di wilayah mana di Pulau Sumatera kantor perwakilan itu akan ditetapkan. Namun, dia memberikan beberapa pentunjuk, di antaranya, terkait agenda utama pembukaan perwakilan tersebut, yakni untuk mengatasi korupsi di bidang pengelolaan sumber daya alam (SDA).

Pertimbangan mendahulukan Sumatera, kata dia, selain karena banyaknya pihak yang mau bekerja sama untuk membangun sistem pencegahan korupsi di wilayah itu. Tapi selain itu, tegas dia, di wilayah Sumatera juga banyak masalah.

“Selain banyak yang bisa dijadikan partner, juga ada cukup banyak masalah di sana,” jelas dia. (ns4)

 

About the Author

Leave a Reply

*

Translate »