Bawömataluo Ditargetkan Resmi Jadi Cagar Budaya Nasional Pertengahan 2015

Surya Helmi | Antara

Surya Helmi | Antara

NIASSATU, JAKARTA – Harapan agar Desa Bawömataluo, Kecamatan Fanayaman, Kabupaten Nias Selatan agar segera menjadi cagar budaya nasional diperkirakan akah terealisasi pada pertengahan tahun depan. 

“Tanggapan tim sangat positif,” ujar Ketua Tim Ahli Cagar Budaya Nasional Surya Helmi kepada Nias Satu usai bersama timnya mengunjungi Desa Bawömataluo pada 12-14 Desember 2014.

Dia mengatakan, juga telah mengontak Ketua Tim Riset UGM-Jepang Yoyok Wahyu Subroto yang sejak 2011 bersama timnya telah melakukan riset dan berbagai persiapan untuk menggolkan Desa Bawömataluo menjadi warisan dunia di Unesco, PBB.

“Saya sudah hubungi beliau supaya membantu dengan data-data yang sudah dikumpulkan bersama tim Jepang. Ini sangat membantu mempercepat proses pengusulan Desa Bawömataluo sebagai cagar budaya,” jelas dia.

Helmi pun optimistik desa wisata dan budaya yang telah mendunia tersebut akan ditabalkan menjadi cagar budaya nasional pada pertengahan tahun depan, sebagai prasyarat menuju warisan dunia.

“Mudah-mudahan pertengahan tahun depan sudah bisa ditetapkan oleh Mendikbud sebagai cagar budaya,” kata dia.

Dia bahkan mengatakan, pada 18-21 Desember 2014, tim ahli akan rapat evaluasi dengan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud di Jakarta terkait hasil kunjungan ke Desa Bawömataluo. Tak cuma itu, Helmi mengatakan akan mengupayakan agar tim ahli bersidang lebih cepat yakni pada Januari 2015 untuk segera memutuskan status Desa Bawömataluo tersebut.

Dia mengatakan, kemungkinan tim ahli sekali lagi akan meninjau ke Pulau Nias. Tidak hanya Desa Bawömataluo tetapi juga beberapa situs megalitikum lainnya. (ns1)

 

 

 

About the Author

Leave a Reply

*

Translate »