3 Pemda di Pulau Nias Siapkan Lahan Proyek Perumahan MBR

NIASSATU, JAKARTA – Tiga pemerintah daerah (Pemda) di Pulau Nias telah menyediakan lahan untuk pembangunan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Program pembangunan rumah bagi MBR tersebut sebagai bagian dari proyek pembangunan satu juta rumah bagi MBR di seluruh Indonesia yang diprogramkan pemerintah Jokowi-JK.

Di Pulau Nias, tiga Pemda yang telah menyediakan lahan adalah Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias Utara dan Kabupaten Nias.

“Dari kunjungan saya ke sejumlah daerah, beberapa daerah yang telah tersedia lahan untuk dibangun rumah adalah Kota Gunungsitoli seluas 10 hektar, Kabupaten Nias Utara dan Kabupaten Nias masing-masing tujuh hektar,” ujar Menteri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono usai bertemu Wapres Jusuf Kalla, di Kantor Wapres Jakarta, Selasa (20/1/2015).

Dia mengatakan, pemerintah meminta seluruh pemda agar menyediakan lahan bagi pembangunan rumah-rumah tersebut.

Dia mengatakan, penyediaan lahan tidak harus oleh Pemda. Tapi bisa melalui Perumnas atau pengembang setempat yang memiliki lahan.

Dia mengatakan, pada tahun ini, pihaknya menargetkan pembangunan 1 juta rumah dimana sebanyak 603.000 rumah di antarnya adalah untuk MBR. Dari total rumah yang akan dibangun, sebanyak 20.500 unit dalam bentuk rumah susun (rusun).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan dari jumlah tersebut akan dibangun sebanyak 20.500 unit rusun. (ns4)

About the Author

Leave a Reply

*

Translate »