Ini Tugas Utama Prof. Suahasil Nazara di Badan Kebijakan Fiskal

Pelantikan SuahasilNIASSATU, JAKARTA – Sesuai jadwal, Prof. Suahasil Nazara, Ph.D. dilantik oleh Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro di kantor Kementerian Keuangan pada Jum’at (6/2/2015) sore. Prof. Suahasil dilantik sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan.

Usai melantik, Bambang memaparkan beberapa harapan dari tanggungjawab yang diemban Prof. Suahasil yang juga koleganya di Universitas Indonesia tersebut. Bambang berharap, pengalaman Prof. Suahasil dalam penanggulangan kemiskinan dapat bermanfaat untuk tujuan yang sama melalui jabatan barunya.

Menurut Bambang, tugas penting BKF ke depan adalah memperbaiki kualitas pertumbuhan ekonomi dan pemenuhan target Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Target IPM itu harus ada intervensi. Harus ada kebijakan dari sisi penerimaan dan belanja guna memperbaiki IPM. Dengan itu, angka kemiskinan turun  dan ketimpangan akan semakin mengecil,” ujar dia.

Bambang mengatakan, yang paling mendesak dilakukan Prof. Suahasil adalah terkait kebijakan fiskal di sisi penerimaan dan belanja mengingat RAPBN-P 2015 akan disahkan dalam waktu dekat.

Bambang optimistis Prof. Suahasil mampu melakukan penugasan itu mengingat keahlian dari sisi keilmuan dan juga pengalaman menangani kemiskinan melalui lembaga TNP2K.

Jabatan Plt

Prof. Suahasil sendiri ternyata tidak dilantik sebagai pejabat definitif, melainkan Plt. Ternyata, pelantikan dengan jabatan Plt tersebut karena jenjang kepangkatan yang saat ini dimiliki Prof. Suahasil belum memenuhi syarat untuk posisi pejabat definitif.

“Pangkat saya masih IV/b. Untuk eselon 1, minimum itu IV/c untuk definitif,” jelas Prof. Suahasil kepada Nias Satu, usai dilantik.

Prof. Suahasil sendiri menempati posisi strategis itu setelah dinyatakan lolos dan terpilih melalui seleksi terbuka yang untuk pertama kalinya dilakukan oleh Kemenkeu untuk mengisi jabatan-jabatan eselon 1.

Dengan lelang terbuka jabatan tersebut, maka terbuka peluang bagi mereka yang memiliki kemampuan untuk mengisi jabatan tersebut tanpa harus berasal atau berkarir di lingkup Kemenkeu sebelumnya.

Saat ini, selain sebagai Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI), Prof. Suahasil juga menjabat sebagai Koordinator Pokja bidang Kebijakan di Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang dipimpin oleh Wakil Presiden. (ns1)

 

About the Author
  1. Anugrah Laia Reply

    saya mengucapkan : selamat dan sukses kepada Pak Suahasil Nazara atas tugas yang dipercayakan Tuhan. Tuhan memberi kemampuan, kekuatan, dan memberkati senantiasa.amin

  2. adrianus nazara Reply

    selamat ya pak nazara. semoga tugas yang baru itu dapat menjadi berkat bagi indonesia

Leave a Reply

*

Translate »