13-17 Mei, BKPN Gelar Sidang Sinode Memilih Pengurus Baru

Kantor Sinode BKPN | ononiha.org

Kantor Sinode BKPN | ononiha.org

NIASSATU, NIAS SELATAN – Sinode gereja terbesar di Nias Selatan dan kedua terbesar di Pulau Nias, Banua Keriso Protestan Nias (BKPN) akan menggela persidangan majelis sinode ke-7 pada 13-17 Mei 2015.

Dalam persidangan tersebut, BKPN akan memilih pejabat pimpinan pusat baru gereja itu. Yakni, Ephorus, Sekretaris Jenderal dan Bendahara Umum.

“Sidang Sinode BKPN ke-7 akan digelar pada 13-17 Mei 2015,” ujar Sekjen BKPN Pdt. Alvius Wau, S.Th. kepada Nias Satu, Kamis (2/4/2015).

Pdt. Alvius mengatakan, saat ini persiapan hingga H-42 telah mencapai 60%. Adapun dana yang dibutuhkan untuk pelaksanaan acara setiap lima tahun tersebut sebesar Rp 500 juta. Bersumber dari jemaat BKPN, para donator yang tidak mengingat dan juga proposal. Adapun Ketua Umum panitia perhelatan akbar BKPN tersebut adalah Faböwösa Laia yang juga Sekretaris DPRD Nias Selatan. Sedangkan Sekretaris Umum adalah Seksama Sarumaha dan Pdt. Ugahari Wau, S.Th. sebagai Bendahara Umum.

Persidangan kali ini mengusung tema Dasar yang Teguh yang didasarkan pada Injil Matius 12:11. Sedangkan subtemanya adalah Meningkatkan Kinerja Pelayanan Dalam Membangun Jemaat  yang Sejahtera Demi Terwujudnya Gereja Misioner di Tengah-Tengah Masyarakat Majemuk.

Sejumlah kalangan akan diundang pada acara tersebut, yakni para kepala daerah se-Kepulauan Nias, para pimpinan DPRD se-Kepulauan Nias,  Pemerintah Provinsi,  para Pimpinan Sinode se-Kepulauan Nias, Kakankemenag Nias Selatan,  Kakanwil Depag Sumut,  Dirjen Bimas Kristen,  Pimpinan PGI Pusat dan Wilayah Sumut.  Juga para mitra BKPN dari lembaga misi Misi M.T.M. Amerika dan Jepang,  para konsultan BKPN, Pdt. Richard Aruan, dan para pendeta dari berbagai denominasi.

Acara persidangan sendiri akan dipusatkan di gereja Jemaat BKPN Teluk Dalam. Pdt. Alvius mengatakan, terdapat 10 Pendeta BKPN yang dinilai memenuhi syarat untuk dipilih sebagai Ephorus, Sekretaris Jenderal dan Bendahara Umum.

Rincian Kegiatan

Pdt. Alvius memerinci kegiatan persidangan tersebut. Pada 13 Mei 2015 akan diisi dengan kegiatan pendaftaran yakni, 253 orang. Terdiri dari utusan Resor se-BKPN sebanyak 204 orang, para Pendeta se-BKPN sebanyak 40 orang, utusan Departemen dan Yayasan sebanyak 9 orang dan beberapa konsultan dan para peninjau. 

Pada 14 Mei 2015 adalah ibadah pembukaan dengan pengkhotbah Pdt.Richard Aruan. Pada 15  Mei 2015  akan diisi dengan ceramah dan pembahasan Tata Gereja dan PRT BKPN serta peraturan-peraturan lainnya. Adapun para pembicara dalam ceramah tersebut di antaranya DR. Hekinus Manaõ,  AKBP (P) Asli Manaõ, dan tamu dari lembaga Misi M.T.M. Amerika dan  Jepang. 

Pada 16 Mei 2015 akan dilaksanakan pemilihan Majelis Pekerja Harian Sinode ( Ephorus, Sekjen,  Bendum ) dan para anggota Majelis Pekerja Sinode (MPS) dan anggota Majelis Pekerja Lengkap Sinode (MPLS) Periode 2015-2020. Dan pada 17 Mei 2015 diisi dengan ibadah penutupan dengan pengkhotbah Ephorus ONKP. Pada kegiatan ini, sekaligus dilakukan acara Peneguhan Pimpinan Sinode BKPN dan perayaan HUT BKPN Ke-21. (ns1)

 

 

About the Author
  1. Jhon Reply

    Maunya dibentuk juga Majelis Pengawas Sinode. pengawas ini maunya yang melakukan pengawasan diberbagai bidang. hal ini bertujuan supaya tujuan dari PRT BKPN itu sendiri berjalan dengan semestinya. bisa dunk diawasi keuangan Sinode. kenapa tidak?

Leave a Reply

*

Translate »