Menjadi ‘Pasukan Elit Penjualan’, Buku Terbaru Eloy Zalukhu

Eloy Zalukhu | Dok. Pribadi

Eloy Zalukhu | Dok. Pribadi

NIASSATU, JAKARTA – Putra Nias yang juga dikenal sebagai the Theocentric Motivator Eloy Zalukhu kembali meluncurkan buku spektakulernya. Setelah bukunya Life Success Triangle dan kisah hidupnya dalam bentuk novel berjudul Eloy sukses di pasar, kini dia kembali meramaikan pasar dengan buku barunya berjudul, Sales Warrior.

Buku ini secara resmi mulai dipasarkan pada 2 April 2015. Buku ini dijual di jaringan toko buku Kompas Gramedia. 

Buku ketiga ini tidak main-main. Dari judulnya saja, terlihat  bukan buku biasa. Sales Warrior. Berbau perang. Tapi sejatinya, bukan itu maksudnya. Eloy menerjemahkannya sebagai ‘pasukan elit penjualan’. Dan memang, prinsip-prinsip yang dituangkan di buku ini adalah materi yang sama yang menjadi bahan utama dalam berbagai kesempatan memberikan pelatihan dan konsultansi kepada berbagai lembaga swasta maupun pemerintah, termasuk perusahaan-perusahaan multinasional. Baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Kini setiap pembaca di Indonesia, bisa menemukan semua ilmu itu di dalam buku ini. Di dalamnya, Eloy mengulas dengan komprehensif bagaimana seseorang bisa menjadi penakluk pasar. Tak sekadar bernyali, tapi juga perlengkapan yang terukur dan berkualitas yang disebutnya sebagai RAVE Sales Principles. Prinsip-prinsip pemasarn RAVE.

Secara garis besar, buku ini merupakan panduan bagi tenaga penjual untuk menjadi Sales Warrior, yaitu pasukan elit penjualan yang dilatih secara khusus. Bukan hanya dalam hal semangat dan keberanian, tetapi juga keterampilan dan teknik untuk memenangkan setiap pertempuran.

Bagi seorang Sales Warrior, selling (menjual) adalah tentang memberi dan melayani konsumen dengan sebaik-baiknya. Sementara keuntungan usaha menjadi imbalannya. Sales Warrior tidak hanya mampu melewati setiap kesulitan dengan baik, tetapi bahkan bisa menikmati setiap kesulitan tersebut pada saat sedang menghadapinya dan berhasil mengukir sejarah kesuksesan. Semua potensi dan bakat dikerahkan dengan komitmen untuk memberikan yang terbaik, agar setiap waktu  meraih hasil penjualan hingga 10X lebih banyak dibandingkan tenaga penjual pada umumnya.

Untuk memenangkan pertempuran pasar, Sales Warrior menggunakan senjata bernama RAVE Sales Principles. Dalam bahasa Inggris kuno, RAVE artinya sambutan hangat, seperti yang diharapkan oleh semua tenaga penjual saat bertemu prospek atau calon konsumen. Tetapi dalam konteks buku ini, RAVE merupakan konsep baru yang dibuat penulis, sebagai akronim dari Relationship-bAsed dan Value for Engagement selling.

Filosofi dasar dari RAVE Sales Principles adalah “Selling more through trusted relationship and professionally competing on value, not price”. Penulis meyakini bahwa di tengah persaingan yang terus meningkat, strategi jitu untuk meraih hasil terbaik dalam dunia penjualan adalah melalui hubungan baik dengan konsumen serta kreativitas menciptakan nilai tambah, bukan dengan diskon atau penurunan harga.

Tampak depan buku Sales Warrior oleh Eloy Zalukhu | FB Eloy Zalukhu

Tampak depan buku Sales Warrior oleh Eloy Zalukhu | FB Eloy Zalukhu

Pria yang juga dikenal sebagai Sales Training Expert & Performance Consultant ini menuturkan, RAVE Sales Principles terdiri dari dua bagian. Pertama adalah bagian paradigma, mindset atau filosofi dasar yaitu bagaimana memulai dan membangun hubungan baik dengan prospek atau calon konsumen (relationship-based selling), untuk kemudian menciptakan nilai-tambah yang bermanfaat bagi konsumen (value-added selling) sehingga melahirkan kepuasan dan loyalitas konsumen (customer engagement).

Bagian kedua adalah teknik jitu penjualan, mulai dari cara meningkatkan leads and referrals, melakukan prospecting secara efektif, menggali kebutuhan dan harapan calon konsumen, memberikan presentasi yang mengena, mengelola keberatan termasuk permintaan diskon atau penurunan harga, sampai pada ilmu terpenting dalam penjualan yaitu teknik negosiasi untuk memenangkan transaksi penjualan; No Selling, No Closing. No Closing, No Money. No Money, No Business!”

Prinsip RAVE selling dilengkapi dengan kiat bagaimana meningkatkan penjualan melalui cross-selling, mempersiapkan elevator pitch, membangun personal brand serta peran setiap bagian organisasi dalam membangun kepuasan dan loyalitas konsumen.

Buku yang diterbitkan oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama ini diluncurkan pada 2 April 2015. Bertepatan dengan ulang tahun istrinya, Lioe Pricilla Loekito. Bahkan putra Nias Utara itu mengakui  bahwa buku ini adalah hadiah ulang tahun bagi istrinya. Bukan semata-mata karena layak jadi kado, tapi karena sebagaimana diungkapkan Eloy di akun Facebooknya bahwa, buku ini adalah hasil karya bersama dengan istri yang telah memberinya sepasang putra dan putri itu.

Buku ini bisa diperoleh di toko buku Gramedia dan Periplus dengan rincian harga: versi hard cover sebesar Rp 128.000 per eksemplar. Kalau versi soft cover seharga Rp 88.000 per eksemplar.

Memiliki buku ini tak cuma akan mendapatkan konsepnya, tapi juga ilmunya yang aplikatif dalam kehidupan sehari-hari.

Salut, Eloy! (EN)

 

 

 

About the Author

Leave a Reply

*

Translate »