5 Bakal Calon Kepala Daerah Nias Selatan Mendaftar Melalui Partai Gerindra

NIASSATU, NIAS SELATAN – Satu per satu partai politik mulai mengakhiri masa pendaftaran bakal calon kepala daerah di Kabupaten Nias Selatan. Giliran DPC Partai Gerindra Nias Selatan mengakhiri masa pendaftaran pada 27 April 2015.

Ketua DPC Gerindra Nias Selatan Thomas Dachi mengatakan, selama masa pendaftaran, sebanyak 7 orang atau pasangan mengambil formulir. Namun, hingga masa pendaftaran ditutup, hanya 5 orang/pasangan yang mengembalikan atau mendaftar secara resmi.

“Yang mengembalikan berkas formulir pendaftaran adalah: 1. Asli Manaö – Philipus Giawa; 2. Hadirat Manaö – Sozanolo Ndruru; 3. Nasowanolo Lö’i – Temazisökhi Halawa; 4. Talihadat Bazatogu Hia – Thomas Dakhi; dan 5. Efendi/Sehati Halawa,”ujar Thomas kepada Nias Satu, Selasa (28/4/2015) malam.

Sedangkan dua yang tidak mengembalikan formulir adalah Hendrik Laowö dan Idealisman Dachi.

Tahap selanjutnya, kata Thomas, pihaknya akan melakukan verifikasi berkas pada 28-30 April 2015. Pendaftar yang lolos verifikasi berkas akan diserahkan ke DPD Gerindra Sumatera Utara pada 1 Mei 2015.

Kemudian akan diikuti dengan survei elektabilitas para bakal calon selama 20 hari. Hasil survei tersebut kemudian akan diserahkan kepada DPP Gerindra di Jakarta untuk selanjutnya menetapkan calon yang dinyatakan lolos. Dia mengatakan, survei elektabilitas tersebut akan dilakukan oleh lembaga independen dan bukan oleh pengurus partai.

Untuk diketahui, dalam pemilihan legislatif pada tahun lalu, Partai Gerindra menjadi peraih suara terbanyak dan menempatkan anggotanya paling banyak di DPRD Nias Selatan untuk masa jabatan 2014-2019 sebanyak 7 orang disusul oleh PKPI sebanyak 6 orang dan PDI-P sebanyak 5 orang. Partai Golkar, Hanura dan NasDem masing-masing menempatkan 3 wakilnya, disusul PKB 2 kursi dan PBB sebanyak 1 kursi. (ns4)

About the Author

Leave a Reply

*

Translate »