Sulaeman Mendröfa & Debora Mendröfa Terpilih Sebagai Duta Wisata Kota Gunungsitoli

Para pemenang pemilihan Sila'i dan Sibolowua Kota Gunungsitoli | Disbudpar Kota Gunungsitoli

Para pemenang pemilihan Sila’i dan Sibolowua Kota Gunungsitoli | Disbudpar Kota Gunungsitoli

NIASSATU, GUNUNGSITOLI – Proses pemilihan Duta Wisata Kota Gunungsitoli akhirnya berakhir. Pada malam terakhir penjurian yang digelar pada Sabtu (6/6/2015) Kawasan Reklamasi Pantai Eks TPI Kota Gunungsitoli, akhirnya juri menetapkan Sulaeman Mendröfa sebagai Sila’i dan Debora Mendröfa sebagai Sibolowua.

Menyusul mereka di peringkat satu putra dan putri Duta Wisata Kota Gunungsitoli adalah Felix Berkat Setia Waruwu dan Cindy Gracia Zebua (Juara 2), Eli Satriaman Nazara dan Erti Arti Laoli (Juara 3).

Sedangkan Bestarieli Hia dan Haryati Cahyani Telaumbanua terpilih sebagai Sila’i dan Sibolowua Favorit Pilihan Masyarakat dan Sabda Saro Gea dan Henny Krisnawati Gulö terpilih sebagai Sila’i dan Sibolowua Photogenic.

Selain mendapatkan hadiah uang dari panitia, kelima pasangan tersebut juga mendapat voucher belajar bahasa Inggris gratis dari Kursus Bahasa Inggris Gheesuke English Academy (GEA) yang disampaikan langsung oleh Direktur GEA Yafaowolo’o Gea. Khusus untuk Sila’i dan Sibolowua (Juara 1), PT. Garuda Indonesia Cabang Gunungsitoli memberikan voucher gratis tiket pesawat Gunungsitoli-Medan (PP) yang disampaikan oleh Managernya Beni Mapram.

Acara grand final tersebut dihadiri Walikota Gunungsitoli, Wakapolres Nias, Perwakilan dari DPRD Gunungsitoli, Ketua LBN Gunungsitoli, orang tua peserta serta dimeriahkan oleh atraksi dari Sanggar Samaeri dan Sanggar Samaeri SMKN 1 Gunungsitoli. Acara ini dipandu Gilang Maulana dan Indah Febriyanti Bu’ulölö yang juga merupakan penyiar RRI Gunungsitoli.

“Diharapkan agar Duta Wisata Kota Gunungsitoli mampu menjadi contoh bagi generasi muda Kota Gunungsitoli yang melestarikan budaya daerah, memiliki wawasan luas, memiliki pemikiran yang kreatif, responsif dan inovatif,” ujar Walikota Gunungsitoli Martinus Lase dalam sambutannya.

Acara puncak tersebut diikut oleh 8 pasangan peserta yang telah melewati berbagai tahapan penilaian yang meliputi pengetahuan akan wisata dan budaya Nias, kemampuan bahasa Inggris dan modelling. Sedangkan para juri adalah Darwin Limbardo (Finalis L-Men), Gemma Eka Kurniaman Zebua (Praktisi Pariwisata), Inna Karcha dan Ella (warga negara Amerika). Perhelatan ini juga disiarkan langsung oleh LPP RRI Gunungsitoli.

Dalam siaran pers yang diterima Nias Satu, Kepala Seksi Pengembangan Potensi dan Promosi Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kota Gunungsitoli Yafaowolo’ö Gea mengatakan, Sila’i dan Sibolowua yang terpilih tersebut ke depannya akan menjadi SDM handal dalam mempromosikan dan melestarikan wisata dan budaya di Kota Gunungsitoli dan Pulau Nias pada umumnya.

Yafaowolo’ö juga mengatakan, pemilihan Duta Wisata ini adalah yang pertama kalinya digelar pemerintahan Kota Gunungsitoli.

“Kota Gunungsitoli sebagai gerbang menuju kepulauan Nias memiliki potensi yang sangat besar dalam pengembangan industri pariwisata. Ketersediaan sarana dan prasarana yang baik, akomodasi yang lengkap dan juga sumber daya manusia yang handal sangat mendukung kemajuan sektor pariwisata ini,” jelas dia. (ns1)

About the Author

Leave a Reply

*

Translate »