Sila’i dan Sibolowua Kota Gunungsitoli Gelar Gerakan Bersih Pantai

Aksi Gerakan Bersih Pantai oleh para Sila'i dan Sibolowua di Pantai Miga | Disbudpar Kota GUnungsitoli

Aksi Gerakan Bersih Pantai oleh para Sila’i dan Sibolowua di Pantai Miga | Disbudpar Kota GUnungsitoli

NIASSATU, GUNUNGSITOLI – Sila’i dan Sibolowua Duta Wisata Kota Gunungsitoli langsung memulai gebrakan usai dikukuhkan. Pada Rabu (10/6/2015), ke-5 pasang Duta Wisata Gunungsitoli melaksanakan Gerakan Bersih Pantai di Pantai Miga Kecamatan Gunungsitoli Selatan bersama dengan Kepala Seksi Pengembangan Potensi dan Promosi Dinas Pariwisata Kota Gunungsitoli, Yafaowolo’ö Gea.

Dalam siaran pers yang diterima Nias Satu pada Jum’at (12/6/2015), Yafaowolo’ö mengatakan, Gerakan Bersih Pantai ini merupakan komitmen para Sila’i dan Sibolowua dalam kampanye membebaskan kota Gunungsitoli dari sampah sekaligus menerapkan Sapta Pesona dalam kehidupan sehari-hari.

Berbekal sapu lidi dan kantong plastik, para duta wisata itu langsung memunguti sampah nonorganik di sepanjang pantai. Sampah-sampah tersebut diduga berasal dari pembuangan sampah secara sembarangan oleh masyarakat baik di sungai maupun di laut yang akhirnya dihempaskan ombak pasang ke pantai. Kenis sampah mulai dari botol minuman hingga pampers bayi yang tidak dapat terurai secara alami.

Sepuluh kantong plastik besar yang dibawa tidak dapat menampung semua sampah yang dikumpulkan. Sampah-sampah tersebut selanjutnya dibakar.

Sila’i terpilih, Sulaeman Mendrofa mengatakan, agar masalah sampah di pantai tersebut cepat teratasi, kegiatan Gerakan Bersih Pantai tersebut perlu dilakukan secara rutin dengan melibatkan para pelajar di Kota Gunungsitoli agar masalah sampah ini cepat teratasi.

Sementara itu, pemilik hotel Miga Beach Agus H. Mendröfa sangat mengapresiasi kegiatan para Duta Wisata tersebut. Menurut mantan Wakil Bupati Nias periode 2001-2005 tersebut, generasi muda merupakan tonggak utama memajukan sektor pariwisata dan merekalah calon-calon pemimpin Nias ke depan yang tahu dan sadar bahwa sektor pariwisata sangat menjanjikan.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan makan bersama dengan jamuan Lobster King Megalithic yang merupakan menu khas Hotel Miga Beach & Resto. (ns1)

 

About the Author

Leave a Reply

*

Translate »