Para Kades – Sekdes Kecamatan Gunungsitoli Idanoi Dilatih Administrasi Pemerintahan

Suasana pelatihan | Dishubkominfo Kota Gunungsitoli

Suasana pelatihan | Dishubkominfo Kota Gunungsitoli

NIASSATU, GUNUNGSITOLI – Para Kepala Desa dan Sekretaris Desa mendapatkan pelatihan tentang administrasi pemerintahan dari Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan, Keluarga Berencana dan Pemerintahan Desa / BPM, PP, KB dan Pemdes Kota Gunungsitoli.  Pelatihan tersebut diadakan di Ruang Pertemuan Kantor Camat Gunungsitoli Idanoi, Jumat (3/7/2015).

Walikota Gunungsitoli Martinus Lase yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Oimonaha Waruwu mengatakan, karena desa merupakan ujung tombak pemerintah dalam pelayanan publik, maka sudah seharusnya perangkatnya trampil dan memiliki kemampuan teknis/administratif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, juga memiliki pemahaman yang komprehensif tentang pemerintahan desa dan mampu mengambil keputusan yang tepat dan berkerjasama dengan semua pihak.

“Oleh karena itu administrasi yang sesuai dengan prosedur akan bermanfaat bagi perkembangan suatu desa, sehingga masyarakat desa merasa puas dengan kinerja pemerintah desa dan dalam banyak kesempatan masyarakat memandang bahwa pemerintah desa berhasil bilamana pemerintah desa dapat melayani masyarakat dengan baik” ujar Oimonaha dalam siaran pers yang diterima Nias Satu, Sabtu (4/7/2015).

Sementara itu, Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada BPM, PP, KB dan Pemdes Kota Gunungsitoli Bazatulo Hulu mengatakan, kegiatan serupa telah dilaksanakan di lima kecamatan pada tahun lalu. Khusus tahun ini, pelatihan diberikan pada perangkat desa di Kecamatan Kecamatan Gunungsitoli Idanoi yang dibagi dalam dua angkatan, masing-masing terdiri dari 13 desa dengan pendampingan dari kantor camat masing-masing 2 orang tiap angkatan dengan total 56 peserta. Angkatan pertama dilaksanakan tanggal 3 dan 4 Juli 2015 dan untuk angkatan kedua dilaksanakan tanggal 6 dan 7 Juli 2015.

Adapun materi pelatihan adalah Pemerintah Desa, Tata Naskah Dinas, Administrasi Desa, Pengelolaan Keuangan Desa dan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ). (ns)

About the Author

Leave a Reply

*

Translate »