Adrianus Aroziduhu Gulö – Oneyus Halawa Pasangan Pertama Daftar di KPU Nias Barat

Pasangan AA Gulo - Oneyus Halawa | KPU Nias Barat

Pasangan AA Gulo – Oneyus Halawa | KPU Nias Barat

NIASSATU, NIAS BARAT – Pembukaan pendaftaran pasangan bakal calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah Kabupaten Nias Barat langsung dimanfaatkan oleh pasangan Adrianus Aroziduhu Gulö – Oneyus Halawa. Mereka menjadi pendaftar pertama di Kabupaten Nias Barat, bahkan pertama di seluruh Kepulauan Nias.

Keduanya mendatangi KPU Nias Barat pada Minggu (26/7/2015) untuk menyerahkan pendaftaran dan berkas-berkas pendukung.

“Iya, ada satu yang mendaftar di hari pertama. Yakni pasangan Adrianus Aroziduhu Gulö – Oneyus Halawa,” ujar Ketua KPU Nias Barat Cakraeli Gulö kepada Nias Satu, Senin (27/7/2015).

Saat ini, Adrianus Aroziduhu Gulö masih menjabat sebagai Bupati Nias Barat (petahana). Sedangkan calon wakilnya, Oneyus Halawa menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Nias Barat.

Cakraeli mengatakan, pasangan yang juga memakai nama akronim “AINE” tersebut didukung oleh tiga partai politik, yakni Partai Demokrat (7 kursi), Partai Hanura (2 kursi) dan Partai Nasdem (1 kursi).

Dia mengatakan, dengan dukungan tiga partai tersebut, pasangan “AINE” itu telah mengantongi 50% total kursi di DPRD Nias Barat. “Dukungan bagi keduanya sudah separuh perolehan kursi di DPRD. Jadi, dari sisi itu sudah memenuhi syarat,” kata dia.

Dengan sisa alokasi kursi yang ada, kata dia, maka masih memungkinkan bila dua pasangan lagi mendaftarkan diri.

Dia menjelaskan, setelah pendaftaran ditutup pada Selasa (28/7/2015), maka sembari para bakal calon tersebut diperiksa kesehatannya di RS Adam Malik, Medan, pihaknya akan melakukan verifikasi berkas selama tujuh hari. Bila masih ada kekurangan, maka akan diberi kesempatan melengkapinya selama tiga hari. Kemudian, akan diakhiri dengan penetapan pasangan calon pada 24 Agustus 2015. (NS1)

 

 

About the Author

Leave a Reply

*

Translate »