Paling Rawan Konflik Pilkada, Ini yang Dilakukan Polres Nias Selatan

Kapolres Nias Selatan AKBP Robert da Costa | Kornelius Nehe

Kapolres Nias Selatan AKBP Robert da Costa | Kornelius Nehe

NIASSATU, NIAS SELATAN – Aparat Polres Nias Selatan terus melakukan upaya memastikan agar pelaksanaan Pilkada di Nias Selatan berjalan dengan lancar dan aman. Hal itu dilakukan seiring penilaian bahwa Pilkada di Nias Selatan merupakan yang paling rawan konflik pada pelaksanaan Pilkada serentak pertama pada tahun ini.

“Polri selalu siap mengamankan Pilkada. Sampai saat ini situasi Kamtibmas masih tergolong kondusif,” ujar Kapolres Nias Selatan AKBP Robert da Costa kepada Nias Satu, Jum’at (16/10/2015) saat diminta tanggapannya atas pernyataan Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan dan Kapolri Jenderal Badroidin Haiti hari ini dalam pertemuan dengan para pimpinan partai politik di Jakarta.

AKBP Robert menjelaskan, sampai saat ini pihaknya terus melakukan antisipasi. Di antaranya, melaksanakan patroli dialogis ke posko-posko pemenangan para pasangan calon dan patroli ke wilayah-wilayah yang rawan. Juga melakukan koordinasi dengan penyelenggara dan desk pilkada.

Selain itu, pihaknya juga melakukan sosialisasi Pilkada damai dengan cara Kapolres memimpin langsung sosialisasi dengan menyapa para camat, kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh daerah dan tokoh adat.

“Sekaligus membagikan selebaran yang isinya pesan-pesan kamtibmas yang berisi nomor HP Kapolres dan pejabat Polres kepada masyarakat,” jelas dia.

Sampai saat ini, kata dia, jumlah personil yang difungsikan pada pengamanan Pilkada terdiri dari 160 orang personil Polres Nias Selatan, 40 personil BKO Brimob dan 10 personil BKO Ditsabhara Polda Sumut. 

Sebelumnya, Luhut mengungkapkan, dari pemetaan tingkat kerawanan konflik pada Pilkada serentak pada 9 Desember 2015, pihaknya menemukan bahwa Pilkada di Nias Selatan sebagai yang paling tinggi kerawanan konfliknya. 

Hal serupa diungkapkan Jenderal Badroidin yang sekaligus menyatakan bahwa pelaksanaan Pilkada di Nias Selatan menjadi perhatian khususnya dan akan meningkatkan pengamanan di sana. (BACA: Menko Polhukam: Pilkada Nias Selatan Paling Rawan Konflik (ns1)

 

 

About the Author

Leave a Reply

*

Translate »