PILKADA SERENTAK PULAU NIAS 2015

Pemenang Pilkada Tak Berubah, Ini Hasil Lengkap Pleno Rekapitulasi Tingkat Kabupaten/Kota

NIASSATU, NIAS – Rapat pleno rekapitulasi perolehan suara para pasangan calon kepala daerah pada Pilkada serentak di Pulau Nias yang sudah selesai di gelar kemarin, Kamis (17/12/2015) dengan selesainya rapat serupa di Kabupaten Nias Selatan.

Khusus rapat pleno rekapitulasi di Kabupaten Nias Selatan dilakukan selama dua hari, Rabu-Kamis, 16-17 Desember 2015 karena yang harus direkap sebanyak 31 kecamatan. Rekapitulasi tersebut dibagi dua untuk penghitungan selama dua hari.

Dari data yang dihimpun redaksi Nias Satu dari semua para komisioner KPU Kabupaten/Kota di Pulau Nias menunjukkan, pasangan calon pemenang Pilkada tidak mengalami perubahan dari hasil sementara di tingkat TPS dan Kecamatan seperti dilansir di situs resmi KPU tidak lama setelah Pilkada pada Rabu, 9 Desember 2015. (Baca: Rakyat Berani Bersikap, 4 Kepala Daerah Petahana di Nias Tumbang)

Memang terdapat perubahan angka perolehan dan persentase suara beberapa pasangan calon. Ada yang bertambah dan juga ada yang berkurang. Namun jumlahnya tidak signifikan sehingga tidak mengubah komposisi perolehan suara.

Secara keseluruhan, juga tidak terjadi gangguan keamanan yang signifikan selama proses rekapitulasi penghitungan suara berlangsung.

Dengan demikian, tahap selanjutnya adalah penetapan dan pengumuman secara resmi kepala daerah terpilih oleh setiap penyelenggara di setiap kabupaten/Kota. Namun, penetapan dan pengumuman itu bisa tertunda bila dalam tiga hari sejak penetapan perolehan suara di rapat pleno ada gugatan yang dilayangkan oleh para pihak ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Berikut kami sajikan data lengkap perolehan suara berdasarkan formulir C1 dan rapat pleno rekapitulasi tingkat kabupaten/kota beserta perubahan-perubahan total suara, persentase perolehan suara, persentase partisipasi pemilih, selisih suara pemenang dan peraih suara terbanyak kedua dan data pendukung lainnya seperti pada tabel berikut ini.

Hasil lengkap akhir Pilkada di Pulau Nias | Nias Satu

Hasil lengkap akhir Pilkada di Pulau Nias | Nias Satu

About the Author

Leave a Reply

*

Translate »