Onno W. Purbo Latih Pelajar Nias Rancang Aplikasi Android

Onno W. Purbo sedang memberikan pelatihan merancang aplikasi android kepada dua pelajar | NGOS & GEG Nias

Onno W. Purbo sedang memberikan pelatihan merancang aplikasi android kepada dua pelajar | NGOS & GEG Nias

NIASSATU, GUNUNGSITOLI – Sekitar 350 pelajar dari SMA dan SMK di Pulau Nias mendapat kesempatan khusus belajar dari pakar teknologi informatika Onno W. Purbo. Acara tersebut digelar di Hall Cendrawasih, Gunungsitoli pada Kamis, 18 Februari 2016.

Pelatihan itu diadakan dalam seminar bertajuk “Narsis With Android” dalam rangka peluncuran Gerakan NGOS (NiasGotoOpenSource) sekaligus peresmian Google Educator Group (GEG) Nias.

Selain Onno, pembicara ahli lainnya yang dihadirkan adalah CEO Raihan Teknologi Dadang Setiawan dan Founder Gerakan NGOS & Leader GEG Nias Efriaman Harefa.

Dalam pelatihan tersebut, Onno mempraktikan cara membuat aplikasi Android yang diwakili oleh dua pelajar peserta seminar. Aplikasi sederhana berbasis open sourcer tersebut langsung diujicoba dan berhasil.

Onno mengaku sangat terkesan dengan animo para pelajar untuk belajar pada seminar tersebut.

Sementara itu, Efriaman mengatakan, acara ini merupakan langkah awal gerakan  NGOS di Pulau Nias.

“Akan ada lagi kegiatan-kegiatan yang sifatnya edukasi tentang pemanfaatan open source yang lainya,” ujar dia seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Nias Satu, Senin (22/2/2016).

Onno sendiri dikenal luas sebagai pakar IT yang berkelas internasional. Mantan dosen ITB tersebut dikenal luas dengan kampanye penggunaan open source dan juga upaya pengembangan teknologi komunikasi yang berbasis  linux.

Karya inovatifnya yang terkenal di antaranya adalah wajanbolic sebagai solusi internet murah tanpa kabel dan RT/RW-Net yaitu sebuah jaringan komputer swadaya masyarakat untuk menyebarkan internet murah, dan aplikasi Open BTS yang memungkinkan berkomunikasi tanpa harus bergantung pada provider telekomunikasi komersil.

Sedangkan Raihan Teknologi merupakan komunitas penggiat IT yang mengabdikan diri pada pelatihan pemakaian open source di sekolah-sekolah di seluruh Indonesia.

Kegiatan NGOS dan GEG

Para pembicara pada seminar Narsis With Android | NGOS & GEG Nias

Para pembicara pada seminar Narsis With Android | NGOS & GEG Nias

Sementara itu, Efriaman mengatakan, untuk kegiatan NGOS , selama ini rutin melakukan edukasi/ workshop/pelatihan kepada para guru maupun siswa tentang fitur-fitur yang ada di sistem operasi linux yang tidak ada di sistem operasi lain. Misalnya, bagaimana cara membuat server sentral telepon sendiri seperti Telkomsel. Dengan belajar hal itu, maka setiap pelajar akan memahami bagaimana teknologi operator seluler dibuat.

Sedangkan kegatan GEG Nias, akan difokuskan untuk melatih para guru dalam memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran di kelas, di antaranya menggunakan aplikasi Google Apps for Education. (ns1)

About the Author

Leave a Reply

*

Translate »