Benahi Pelayanan Publik, Bupati Hilarius Segera Panggil Jajaran Dinas Dukcapil

NIASSATU, NIAS SELATAN – Komitmen Bupati Nias Selatan Hilarius Duha dan Wakil Bupati Sozanolo Ndruru untuk mengubah paradigma pelayanan birokrasi menjadi pelayanan yang ramah dengan masyarakat akan segera ditindaklanjuti dengan memanggil jajaran Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Nias Selatan.

“Saya akan segera memanggil Kepala Dinas Dukcapil dan jajarannya untuk membereskan layanan dokumen kependudukan,” ujar Bupati Hilarius kepada Nias Satu dalam perbincangan melalui saluran telpon, Selasa (26/4/2016) malam.

Bupati Hilarius yang saat berbicara dengan Nias Satu sedang berada di Medan mengatakan, akan kembali besok pagi ke Nias Selatan. Selanjutnya, bila sempat, maka pada sore hari akan memanggil jajaran Dinas Dukcapil.

Bupati Hilarius mengatakan, selama ini pelayanan dokumen kependudukan menjadi kacau balau pasca perampingan SKPD dimana Dinas Dukcapil sempat dilebur dengan SKPD lain. Selain itu, kata dia, keadaan diperburuk dengan rusaknya alat-alat untuk mencetak dokumen kependudukan.

“Sejak perampingan itu, pelayanan terganggu dan banyak peralatan rusak. Nah, itu akan kita perbaiki segera,” ujar dia.

Pelayanan publik di Dinas Dukcapil sendiri sebenarnya pernah menjadi percontohan terbaik dengan berbagai terobosan yang dilakukan oleh Kepala Dinas Dukcapil saat itu, Restu Jaya Duha. Namun, sejak 2015, Restu Jaya sudah digeser menjadi Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan. (Baca: Restu Jaya Duha dan Revolusi Mental Pelayanan Publik di Nias Selatan). (ns1)

 

 

 

About the Author

Leave a Reply

*

Translate »