Ini Solusi dari Pemda Nias Selatan bagi Penambang Pasir Laut

NIASSATU, NIAS SELATAN – Mulai kemarin, Selasa (24/5/2016), Pemda Nias Selatan mulai melakukan penertiban penambangan pasir di Pantai Sorake dan Lagundri. Tak berhenti sampai di situ, penertiban juga akan dilakukan di pantai lainnya, di antaranya di sepanjang pantai di Kecamatan Toma hingga Kecamatan Lahusa.

Seperti diketahui, penambangan pasir dan juga batu telah dilakukan warga selama bertahun-tahun telah menggantungkan salah satu pencaharian mereka dari penambangan pasir dan batu tersebut. 

Wakil Bupati Nias Selatan Sozanolo Ndruru mengakui bahwa penertiban harus disertai dengan penyiapan masyarakat agar memiliki sumber pencaharian baru dan tidak menggantungkannya pada penambangan pasir dan batu.

“Sebenarnya penambangan pasir itu bukan mata pencaharian utama mereka. Itu hanya sampingan. Masyarakat pasti ada kebun-kebun yang bisa dikelola dengan baik. Tapi kita juga akan bikin support (dukungan) bagaimana agar mereka fokus di pertanian, supaya beralih dari penambangan pasir,” jelas Sozanolo kepada Nias Satu di sela penertiban penambangan pasir di Pantai Sorake, Selasa (24/5/2016) petang.

Dia mengatakan, saat ini pihaknya sudah mulai melakukan pendataan lahan-lahan yang bisa dikembangkan sesuai dengan jenis komoditas yang bisa menghasilkan dengan cepat.

“Mana lahan yang bisa ditanami jagung, mana untuk sawah, mana untuk kebun karet dan kakao. Intinya kita fokus ke hortikultura, yang hasilnya cepat,” papar dia.

Sebelumnya, Sozanolo mengungkapkan, setelah penertiban di Pantai Sorake dan Lagundri, minggu depan pihaknya akan melakukan hal yang sama di pantai di Kecamatan Toma dan Lahusa. (baca: Pemda Nias Selatan Tertibkan Penambangan Pasir di Pantai Sorake). (ns1)

 

 

About the Author

Leave a Reply

*

Translate »