Jumlah Potensi Wisata Pulau Nias: Nias Selatan Capai 40, Nias Barat Hanya 3

Bupati Nias Selatan Sokhiatulo Laoli | Etis Nehe

Bupati Nias Selatan Sokhiatulo Laoli | Etis Nehe

NIASSATU, JAKARTA – Di sektor pariwisata, nama Kepulauan Nias sering disebut-sebut sebagai salah satu wilayah dengan kekayaan potensi wisata. Namun, seperti apa sebenarnya potensi itu dan sebarannya tidak banyak yang tahu.

Dalam sambutannya pada peluncuran tagline pariwisata Nias “Pesona Pulau Impian” di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata di Jakarta pada Kamis (2/6/2016), Bupati Nias Sökhiatulö Laoli mengungkapkan potensi wisata di setiap kabupaten/kota di Pulau Nias. (Baca: Tagline Pariwisata Nias “Pesona Pulau Impian” Diluncurkan di Jakarta)

Dalam paparannya, potensi pariwisata paling banyak terdapat di Kabupaten Nias Selatan. Jumlahnya bahkan melebihi gabungan potensi wisata di Kabupaten Nias Utara, Nias Barat dan Kota Gunungsitoli.

“Potensi wisata Kabupaten Nias sebanyak 24, Kabupaten Nias Selatan memiliki potensi paling banyak yakni 40 potensi wisata. Kemudian, Kabupaten Nias Utara memiliki 12 potensi wisata, Kabupaten Nias Barat memiliki 3 potensi wisata namun besar-besar, dan Kota Gunungsitoli sebanyak 10 jenis potensi wisata,” jelas Sökhiatulö yang mewakili lima kepala daerah di Pulau Nias.

Khusus Nias Selatan, potensi wisata itu tersebar merata di seluruh wilayah, dan di Kepulauan Batu.

Akan tetapi, dalam catatan redaksi Nias Satu, jumlah tersebut baru berupa daftar potensi, dan hanya sedikit dalam status sudah layak jual atau telah bisa diakses oleh wisatawan.

Beberapa titik destinasi wisata yang telah jadi referensi bagi wisatawan tersebut sebagian besar juga berada di Kabupaten Nias Selatan. Kini beberapa titik destinasi di Nias Barat dan Nias Utara juga mulai dikunjungi wisatawan. (ns1)

About the Author

Leave a Reply

*

Translate »