Pakaian Tradisional Nias Tampil Pada Upacara Hari Lahir Pancasila

Presiden Jokowi bersama para menteri dengan kostum adat FB | FB Presiden Jowo Widodo

Presiden Jokowi bersama para menteri dengan kostum adat FB | Akun Resmi FB Presiden Joko Widodo

NIASSATU, JAKARTA – Untuk pertama kalinya pemerintah menggelar upacara resmi peringatan Hari Lahir Pancasila dengan upacara yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi. Upacara tersebut digelar di halaman Gedung Pancasila di kompleks perkantoran Kementerian Luar Negeri, Pejambon, Jakarta Pusat pada Kamis, 1 Juni 2017.

Ada hal menarik dan tak biasa pada upacara kali ini. Tampaknya di atur sesuai dengan semangat yang menjadi nilai utama dalam Pancasila, yakni keberagaman (kebhinekaan).

Hal itu ditandai dengan pakaian yang dikenakan oleh para peserta upacara, khususnya para pejabat dan tamu undangan. Mulai dari Presiden Jokowi, semua menggunakan kostum tradisional daerah asal masing-masing atau daerah lainnya. Presiden Jokowi menggunakan kostum khas Betawi.

Menkumham Yasonna H. Laoly membacakan Keppres Hari Lahir Pancasila | FB. Yasonna H. Laoly

Menkumham Yasonna H. Laoly membacakan Keppres Hari Lahir Pancasila | FB. Yasonna H. Laoly

Kostum tradisional Nias Selatan juga tampil di acara itu yang dikenakan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly. Seperti diketahui, Yasonna adalah satu-satunya putra Nias dalam jajaran Kabinet Kerja pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

Pada upacara tersebut, Menteri Yasonna membacakan Keputusan Presiden Nomor: 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

Usai upacara, masih dengan kostum daerah masing-masing, Presiden Jokowi, para menteri dan para pejabat negara lainnya berfoto bersama. (ns1)

 

About the Author

Leave a Reply

*

Translate »