PUTRA NIAS PERTAMA

Dilantik, Kol. Chk. Hidayat Manaö Resmi Jadi Hakim Agung

Ketua MA Hatta Ali memimpin pelantikan dan pengambilan sumpah lima Hakim Agung yang baru, termasuk Hakim Hidayat Manao | mahkamahagung.go.id

NIASSATU, JAKARTA – Lima Calon Hakim Agung (CHA) yang beberapa waktu lalu disetujui oleh DPR RI secara resmi menjadi Hakim Agung di Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia pada hari ini. Hal itu ditandai dengan pelantikan dan pengambilan sumpah kelimanya oleh Ketua MA M. Hatta Ali.

Pelantikan dan pengambilan sumpah diadakan ruang Prof. Dr. Kusumah Atmadja Tower MA, Selasa, 7 November 2017 pada pukul 10.00 WIB.

Pengambilan sumpah kelimanya berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Joko Widodo Nomor: 117/P Tahun 2017 tanggal 26 Oktober 2017.

Kelima Hakim Agung baru tersebut adalah

  1. Dr. Gazalba Saleh, SH., MH untuk Kamar Pidana
  2. Dr. Drs. Muhammad Yunus Wahab SH., MH untuk Kamar Perdata
  3. Dr. Yasardin, SH., M.Hum untuk Kamar Agama
  4. Dr. H. Yodi Martono Wahyunadi, SH., MH., untuk Kamar Tata Usaha Negara
  5. Kol. CHK. Hidayat Manao, SH., MH., untuk Kamar Militer

Dengan para Hakim Agung baru tersebut, maka jumlah Hakim Agung saat ini berjumlah 51 orang.

Acara tersebut dihadiri oleh para pimpinan MA, para Hakim Agung dan Mantan Hakim Agung, kerabat para Hakim yang dilantik dan undangan lainnya.

Sebelumnya, pada Rapat Paripurna DPR RI kelimanya disetujui menjadi Hakim Agung setelah sebelumnya menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Komisi III DPR RI pada 18 Agustus 2017.

Bagi Hakim Agung Hidayat sendiri pencalonan sebagai Hakim diikutinya sebanyak dua kali. Pada pencalonan pertama pada 2016, dia tidak diloloskan oleh Komisi III DPR RI.

Kolonel Chk. Hidayat Manao | dilmilti3-surabaya.go.id

Putra Nias Pertama

Tak cuma itu, Hakim Agung Hidayat juga mencatatkan sejarah bagi putra Kepulauan Nias yang pertama sekali menjadi Hakim Agung. Hakim Agung Hidayat berasal dari Desa Bawömataluo, Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan.

Hakim Agung Hidayat merupakan hakim karir di Mahkamah Militer. Berbagai jabatan telah dipegangnya selama karirnya. Saat ini, bahkan dia masih menjabat sebagai Kepala Peradilan Militer II di Jakarta. Sebelumnya, dia dalam posisi yang sama di Peradilan Militer TInggi III Surabaya. (Baca: Kolonel Chk. Hidayat Manaö Jabat Kepala Peradilan Militer Tinggi II Jakarta). Sebelumnya juga pernah memimpin Peradilan Militer Bandung dan menjadi hakim di Peradilan Militer II Jakarta.

Hakim Hidayat adalah adik kandung almarhum Hekinus Manaō, mantan Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan dan Direktur Eksekutif Bank Dunia dan Kombes (Purn) Asli Manaö, perwira menengah di Polda Metro Jaya dan sempat bertugas di Badan Narkotika Nasional Pusat di Jakarta. (ns1)

About the Author

Leave a Reply

*

Translate »