Atraksi Lompat Batu Ramaikan Pagelaran Asian Games 2018

Atraksi Lompat Batu oleh Tim Sanggar FETUA

NIASSATU, JAKARTA – Meski tidak tampil pada upacara khusus pembukaan pertandingan olahraga se-Asia, Asian Games 2018, namun atraksi khas Pulau Nias, khususnya Lompat Batu (Fahombo) dari Nias Selatan ikut meramaikan acara itu.

Atraksi tersebut ditampilkan pada salah satu acara pendukung kegiatan Asian Games di depan Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Jakarta, Senin (20/8/2018).

“Kami sangat senang, bisa tampil di sana di acara Expo and Conference Multievent 2018 sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Asian Games. Sangat senang bisa mempromosikan budaya Nias di sana,” ujar Koordinator Sanggar FETUA Rosalia Duha kepada Nias Satu, Senin (20/8/2018).

Acara tersebut dihadiri oleh tamu warga negara asing, khususnya China dan diramaikan oleh peserta dari berbagai daerah yang membawa jajanan khas Indonesia, aneka jenis buah dan juga atraksi permainan Sasando dari Nusa Tenggara Timur (NTT).

Rosalia mengatakan, awalnya mereka diminta tampil pada pukul 10.00 WIB. Namun, kemudian diundur karena Menpora tiba-tiba dipanggil untuk mendampingi Presiden Jokowi yang menyaksikan salah satu pertandingan cabang olahraga Asian Games yang diikuti oleh atlit Indonesia. Acara itu kemudian diundur hingga pukul 16.00 WIB. Itu pun Menpora tidak bisa mengikutinya karena harus pergi lagi menghadiri salah satu pertandingan lain.

Dia menjelaskan, awalnya mereka tidak menyangka akan ikut meramaikan acara itu. Mereka baru dihubungi pertama sekali pada 11 Agustus 2018 lalu dan kemudian dipastikan untuk tampil pada 14 Agustus 2018.

“Awalnya pihak Kemenpora menghubungi ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nias Selatan. Lalu, pihak Kemenpora dihubungkan dengan kami. Setelah itu kami baru membicarakan beberapa hal terkait penampilan di sana,” jelas dia. 

Atraksi tersebut menarik perhatian banyak pengunjung, baik dari luar negeri maupun warga Indonesia dari berbagai daerah. Bahkan, pejabat Kemenpora telah meminta agar tim Sanggar FETUA bersiap-siap bila sewaktu-waktu dipanggil kembali untuk menampilkan atraksi lompat batu dan atraksi kebudayaan lainnya.

Sanggar FETUA didirikan oleh budayawan Nias dari Desa Bawömataluo, Nias Selatan, alm. Waspada Wau. Sejak berdiri, FETUA telah mengisi berbagai kegiatan budaya baik di tingkat nasional maupun memenuhi permintaan berbagai lembaga pemerintah dan swasta maupun organisasi kemasyarakatan. Tim Sanggar FETUA umumnya terdiri dari para mahasiswa dan pemuda Nias Selatan yang kuliah atau bekerja di Jabodetabek. (ns1)

 

About the Author

Leave a Reply

*

Translate »