Sabtu, Forum PPN Gelar Dialog Nasional Tentang Efektifitas Dana Desa

Flyer Dialog FPPN | FPPN

NIASSATU, JAKARTA – Forum Pemuda Peduli Nias (FPPN), sebuah organisasi kepemudaan Nias di Jakarta akan menggelar dialog nasional tentang pengelolaan dana desa pada Sabtu, 13 Oktober 2018.

Dialog tersebut akan diadakan di Gedung Joang 45 di Jl. Menteng Raya No. 31, Kebon Sirih, Menteng Jakarta Pusat dengan tema “Efektifkah Dana Desa?”

Tampil sebagai pembicara kunci adalah Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo. Pembicara lainnya adalah Firman Jaya Daely dan Heru Prayitno dan Satgas Dana  Desa.

Ketua FPPN Evan Zebua menjelaskan, latar belakang kegiatan tersebut adalah banyaknya permintaan bantuan dari pemuda desa yang mengeluhkan pengelolaan dan penyalahgunaan dana desa.

“Pemuda di desa-desa meminta bantu untuk mengawal laporan mereka perihal banyaknya dugaan penyelewengan dana desa yang tidak sesuai peruntukkannya dan dugaan mark up oleh oknum perangkat desa,” ujar Evan kepada Nias Satu di Jakarta, Jum’at (11/10/2018).

Melalui kegiatan tersebut, kata dia, juga diharapkan agar dana desa khususnya di daerah tertinggal dapat ditambah, dan diberikan pengawasan khusus. Dengan itu, maka akan ada penyerapan tenaga kerja, peningkatan pendapatan masyarakat desa, mengentaskan kemiskinan dan pembangunan desa dari sisi SDA dan SDMnya tercapai.

“Selain itu, FPPN juga  ingin menjadi bagian Pokja Masyarakat Sipil untuk bersama sama mengawal pelaksanaan amanat Undang-Undang Desa baik secara personil maupun organisasi,” jelas dia.

Di acara tersebut, para peserta juga akan menikmati lagu-lagu berbahasa Nias yang dibawakan oleh grup Owo Voice dalam acara yang dinamakan Lailö. (ns1)

 

About the Author

Leave a Reply

*

Translate »