Rute Sibisa – Binaka Dibuka, Kini Turis Bisa Teruskan Perjalanan dari Danau Toba ke Pulau Nias

Penerbangan perdana Aviastar rute Bandara Sibisa – Bandara Binaka Gunungsitoli | Dok. Ardhy Marpaung

NIASSATU, SIBISA – Satu lagi rute penerbangan dari dan menuju Kepulauan Nias dibuka. Kali ini, rute Bandara Sibisa – Bandara Binaka yang secara resmi dibuka mulai pada Jum’at, 12 April 2019.

Pembukaan rute baru tersebut bertepatan dengan peresmian bandara Sibisa di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara sebagai bandara perintis.

Bandara tesrebut dikelola oleh UPT Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Bandara tersebut memiliki landasan pacu 1.200 meter x 30 meter. Bandara tersebut hanya berjarak 18 kilometer dari Kota Parapat, Danau Toba.

“Dengan beroperasinya Bandara Sibisa ini, semakin memperbanyak alternatif akses menuju Danau Toba,” ujar Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo pada Jum’at (12/4/2019) .

Lokasi bandara tersebut bersebelahan dengan lokasi lahan Zona Otorita Sibisa, kawasan pariwisata yang sedang dikembangkan oleh BPODT.

Pembukaan bandara itu selain menambah akses ke kawasan pariwisata Danau Toba, juga membuka akses bagi para turis yang telah menikmati Danau Toba meneruskan perjalanan mereka menikmati destinasi-destinasi wisata di Kepulauan Nias. Atau sebaliknya, setelah menikmati perjalanan di Kepulauan Nias, bisa meneruskannya ke Danau Toba.

Seperti dijelaskan Menteri Pariwisata Arief Yahya, lokasi Bandara Sibisa tersebut hanya berjarak 30 menit dari Danau Kaldera Danau Toba.

Berdasarkan informasi dari Kasubbid Pengembangan Destinasi Area I B (wilayah Sumut) pada Kedeputian Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata Ardhy Marpaung, penerbangan perintis rute Gunungsitoli-Sibisa dan sebaliknya dilayani sekali dalam seminggu, yakni pada setiap hari Jum’at.

Penerbangan menggunakan pesawat  jenis DHC-6-300 Twint Otter dengan tarif berkisar Rp 274.100-284.100 per penumpang (ns1)

About the Author

Leave a Reply

*

Translate »