PILPRES 2019

Jokowi – Ma’ruf Unggul Versi Hitung Cepat, Prabowo-Sandy Klaim Kemenangan

Jokowi – Amin vs Prabowo-Sandy | epicentrum.id

NIASSATU, JAKARTA – Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) yang mencakup Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) yang digelar secara serentak pada hari ini telah selesai. Sementara perhitungan suara masih terus berlangsung di seluruh Indonesia.

Perolehan suara sementara, sampai saat ini masih mengandalkan hasil perhitungan cepat (quick count) oleh lembaga-lembaga survei. Berdasarkan mayoritas perhitungan cepat oleh lembaga survei menunjukkan pasangan Jokowi-Ma’aruf Amin (01) mengungguli pasangan Prabowo-Sandy (02).

Dari pantauan redaksi Nias Satu dari hasil perhitungan cepat beberapa lembaga di antaranya: Poltracking dengan total suara terkumpul 91,95% dengan rincian 54,96% untuk 02 dan 45,04% untuk 02. Indicator Indoensia dengan 86,36% dengan rincian 54,07% untuk pasangan o1 dan 45,93% untuk o2. Lalu, Litbang Kompas dengan total suara terkumpul 89,55% dengan rincian 54,61% dan 45,39% untuk 02. Indobarometer dengan suara terkumpul 95,25% dengan rincian 54,39% untuk 01 dan 45,61% untuk 02. LSI Denny JA dengan suara terkumpul 98,15% dengan rincian 55,56% dan 44,44% untuk 02.

Menanggapi hasil perhitungan cepat tersebut, Jokowi-Amin tidak langsung menyatakan kemenangan. Melainkan, mendorong agar semua pihak menunggu hasil perhitungan ril dari KPU.

“Dari indikasi exit poll dan juga quick count tadi sudah kita lihat semua. Tetapi, kita harus bersabar, bersabar menunggu penghitungan dari KPU secara resmi,” ujar Jokowi yang menyampaikan pernyataannya dengan didampingi Cawapresnya dan tim suksesnya di Djakarta Theater, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Prabowo-Sandy Klaim Menang

Sementara itu, dalam pernyataan persnya pada pukul 20:30 Wib, Prabowo menyatakan bahwa berdasarkan hasil hitungan suara ril (real count), meyakini pihaknya memenangi Pilpres dengan perolehan suara di atas 60%.

Prabowo mengatakan, hal itu berdasarkan hitungan ril di lebih dari 300 ribu TPS. Dan menurut dia, kalaupun ada perubahan perolehan suara, paling besar sekitar 1% saja sehingga dia memastikan pihaknya akan memenangkan Pilpres.

Calon presiden Prabowo Subianto kembali berbicara kepada publik melalui media massa menyikapi hasil Pemilu. Kali ini Prabowo mengumumkan kemenangan dirinya berdasarkan survei internal Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.

“Detik ini kami sudah berada di posisi 62 persen. Ini adalah hasil real count. Dalam posisi lebih dari 300 ribu TPS. Sudah diyakinkan ahli-ahli statisik bahwa ini tidak akan berubah banyak,” ucap Prabowo dalam pernyataan terbukanya di kediamannya, Kertanegara. Dia didampingi timses dan pendukungnya, namun Sandy tidak terlihat mendampingi.

Tak cuma itu, merujuk pada hasil tersebut, Prabowo dengan percaya diri membuat pernyataan akan merangkul seluruh rakyat Indonesia, termasuk yang berbeda pilihan pada Pilpres ini.

“Ini kemenangan bagi rakyat Indonesia, seluruh rakyat Indonesia. Dan saya katakan di sini saya akan jadi presiden seluruh rakyat Indonesia. Saya akan jadi presiden seluruh rakyat Indonesia. Bagi saudara-saudara yang membela 01, tetap kau akan saya bela, saya akan dan sudah menjadi presiden Indonesia, Indonesia yang menang, Indonesia yang adil dan makmur. Indonesia yang disegani dunia, Indonesia yang tidak akan ada orang lapar lagi, Indonesia yang rakyatnya bisa senyum,” tegas dia.

Prabowo menutup pernyataannya dengan teriakan takbir dan sujud syukur. (ns1)

About the Author

Leave a Reply

*

Translate »