GNKPI Diterima Menjadi Anggota PGI ke-91

Ephorus GNKPI Pdt. Tolonihaogo Ndruru, S.Th. dan Sekretaris Umum Pdt. Talibudi Lahagu, S.Th. menerima SK penerimaan sebagai anggota PGI dari Ketua Umum PGI Pdt. Dr. Henriette T. Hutabarat-Lebang | pgi.or.id

NIASSATU, WAIBAKUL – Perhelatan Sidang Raya Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) ke-27 di Pulau Sumba menjadi kesempatan bagi organisasi itu untuk menerima anggota baru.

Melalui kegiatan persidangan Majelis Pekerja Lengkap (MPL) di Waibakul, Sumba Tengah, pada Kamis (7/11/2109) secara resmi menyetujui dan menerima sinode Gereja Niha Keriso Protestan Indonesia (GNKP-Indonesia), salah satu sinode gereja lokal di Pulau Nias sebagai anggota ke-91.

Seperti dikutip dari laman resmi organisasi terbesar gabungan sinode-sinode gereja di Indonesia tersebut, keputusan tersebut dibacakan oleh Sekretaris Umum PGI Pdt. Gomar Gultom dan disambut oleh peserta sidang dengan tepuk tangan meriah.

Dalam kesempatan itu, GNKP-Indonesia diwakili oleh Ephorus Pdt. Tolonihaogö Ndruru, S.Th. dan Sekretaris Umum Pdt. Talibudi Lahagu, S.Th. menerima Surat Keputusan keanggotaan tersebut.

Dihubungi terpisah, Ephorus Pdt. T. Ndruru mengucap syukur kepada Tuhan atas anugerah-Nya melalui penerimaan GNKP-Indonesia menjadi anggota PGI. 

“Tak lupa kami juga mengucapkan terima kasih kepada PGIW-Sumut dan Gereja-gereja di Sumut. Terlebih kepada Sinode BNKP yang juga merupakan sinode asal, yang telah mendukung kami melalui Surat Rokomendasi masuk PGI, kami mengucapkan banyak terima Kasih,” ujar dia..

GNKP-Indonesia menjadi organisasi gereja lokal Nias yang ke-5 yang bergabung dengan PGI. Sebelumnya, telah lebih dahulu menjadi anggota adalah BNKP, AFY, ONKP, dan AMIN.

Untuk diketahui, GNKP-Indonesia sendiri sebelumnya merupakan gereja yang dibentuk setelah memisahkan diri dari sinode Banua Niha Keriso Protestan (BNKP) lebih 20 tahun lalu.

Selain GNKP-Indonesia, sinode lain yang terbentuk karena pemisahan diri pada waktu yang bersamaan adalah sinode Banua Keriso Protestan Nias (BKPN) yang berkantor pusat di Kabupaten Nias Selatan. BKPN sendiri telah mengajukan diri untuk menjadi anggota PGI namun sampai saat ini belum dikabulkan.

Acara puncak Sidang Raya PGI yang digelar pada 8-13 November 2019 akan berlangsung di Waingapu dan direncanakan dibuka secara resmi oleh Presiden Jokowi. (ns1/pgi.or.id)

 

 

 

About the Author

Leave a Reply

*

Translate »