Nias Gagal Jadi Provinsi

peta nias - antarasumutNIASSATU, JAKARTA – Harapan masyarakat Nias untuk menjadi sebuah provinsi sendiri, Provinsi Kepulauan Nias akhirnya kandas. Rapat Kerja antara Pemerintah yang diwakili Kementerian Dalam Negeri dan Komisi II DPR RI memutuskan menolak melanjutkan pengesahan seluruh usulan DOB.

“Semua DOB tidak ada yang disahkan karena potensi keributan sangat besar. Diputuskan di Raker di Komisi II. Itu sudah final dan tinggal dilaporkan ke paripurna,” ujar anggota Komisi II DPR RI Yasonna H Laoly kepada Nias Satu di Jakarta, Senin (29/9/2014).

Dia menjelaskan, keputusan pembatalan seluruh usulan DOB tersebut, terutama yang sudah memenuhi syarat merupakan sikap resmi pimpinan DPR dan pemerintah.

Dia mengungkapkan, alasan pembatalan tersebut salah satunya karena adanya potensi keributan yang akan terjadi bila pengesahan DOB dilanjutkan.

Alasan lainnya, kata dia, tidak adanya kesepakatan terkait daerah-daerah yang akan disahkan menjadi DOB.

“Kalau kita seharusnya sudah aman. Tapi ada beberapa daerah yang tidak sepakat dan potensi membuat masalah dan keributan besar,” jelas dia.

Sebelumnya, usulan Provinsi Kepulauan Nias menjadi DOB provinsi yang paling awal mendapat persetujuan dari pemerintah karena dinilai memenuhi syarat. (NS1)

 

 

  1. samudra zendrato Reply

    Nunggu q eselon br bs propinsi krn q yg jd setdaa y haha

  2. ama putri Reply

    Kita tetap teguh dan tetap sabar

  3. Nover Daely Reply

    Kami sebagai mesy Nias km sàngat kecewa pengesahan Prov Nias Di batalkan krn alasan di khawatirkan ada keributan di daerah terkait, kiributan apaan….? tdk masuk akal.

  4. bestari zai Reply

    mengecewakan,,,bray n sis ini bukan langkah yang buruk,ne pelajaran buat tetap sabar dan batu loncatan tetap semangat

  5. edy mendrofa Reply

    Alasan yg tidak masuk akal…!!

  6. Repelita Silalahi Reply

    Perjuangan janganlah berhenti sampai disini… walaupun sakit dan mengecewakan…. kita tetap berharap mimpi ini akan kita wujudkan.
    marilah kita tetap bersatu padu dan berdoa agar dipemerintahan berikutnya mimpi kita ini bisa diwujudkan
    Semangat trus… ya’ahowu..

  7. poinus dey daeli Reply

    Tuhan tahu yang terbaik untuk kepulauan nias tercinta.
    Saya pikir hal ini diluar kemampuan pejuang di kepulauan nias sendiri.
    Ebenhezer

  8. Martianus Zega Reply

    Tolong dibaca beritanya sebelum dikomentari supaya gak salah sambung. Pembatalan adalah “SELURUH DAERAH OTONOMI BARU” bukan hanya Nias. Yang bikin berita lain kali judulnya yang proporsional, “Pengesahan Daerah Otonomi Baru, Batal” mungkin lebih pas.

  9. Daman Reply

    Pupus dah harapan saudara2 kita yg kemarin2 ngarep dpt jatah kursi perintahan Provinsi Kepulauan Nias…

  10. Swicin Hia Reply

    sungguh menjadi satu fenomena sejarah terbentuknya Provinsi Kepulauan Nias tentang peristiwa diatas.
    Ibarat benih yang jatuh ditanah,dan hancur seketika. kemudian apa yang terjadi? benih itu berubah menjadi kecambah dan dari waktu kewaktu, menjadi sebatang tanaman yang menghasilkan buah yang banyak, dan sangat bermanfaat bagi makhluk hidup lainnya.
    Saya sempat terkejut mendengar hal itu, dan mungkin juga seluruh masyarakat Nias, yang mulai bangga akan majunya daerah kita Nias.
    Dan saya berpikir, kalau kita tidak jatuh dan hancur, maka kita selalu berpikir apa yang kita lakukan selalu sempurna, padahal masih ada poin penting yang harus dipertimbangkan.
    Dan kita juga untuk anak Nias yang memiliki kemampuan untuk berfikir kritis, pasti bisa menjadikan Nias sebagai daerah termaju di Sumatera utara.
    Saya percaya Kepulauan Nias akan menjadi Provinsi kedepan, bahkan lebih maju dari daerah sekitarnya, asalkan tidak ada kesombongan dan tidak ada hak berkuasa secara pribadi. saling berpangku tangan antara pemimpin dan dipimpin.Berpikir secara akal sehat, jernih, murni, wawasan luas dan berpengetahuan tinggi.

    Terima kasih, Yaahowu.
    Swicin HIa

  11. Maman Laia Reply

    Kecewa dan tetap berbesarhati,
    Apa ada hubungan dengan paket ya itu ya,dan jika ada keributan dengan provinsi lain apa hubgnnya,

    Semoga harapan ini bisa terwujud,ini seperti mimpi namun sangat mengesankan :)

    Salam Nias

  12. Siska Reply

    Jadi prov.kepulauan nias sih wacana yg bagus, tapi ibarat buah yg dipaksa matang, rasa nya akan kurang enak. Karena selaku warga saya melihat memang belum saat nya. Masih banyak yg perlu dibenahi, pemasukan daerah kurang seimbang dengan belanja daerah, apalagi gaji PNS nya, kebanyakan untuk gaji pegawai.

  13. Anonim Reply

    Untuk menjadikan provinsi nias menggenjot PAD dengan menaikkan pajak.Nias itu PADnya darimana? untuk ngejar2 jadi provinsi kalian tahu gak beban pajak masyarakat di nias naik berkali2 lipat. bukannya menambah kesejahteraan rakyat malah menambah sengsara rakyat dengan menaikkan pajak berkali2 lipat. PAD Nias juga banyak dipakai untuk membayar gaji2 PNS yang kebanyakan gaji buto. Contoh Provinsi NAD itu bisa jadi provinsi karena mempunyai tambang gas, riau punya tambang minyak, kelapa sawit dll. Nias?di Nias banyak karet,cokalt dan kelapa. nilam(tidak begitu banyak) bikin dulu pabrik pengolahan bahan mentah karet, coklat pengolahan bubuk coklat, kelapa menjadi minyak goreng, ampas kelapa jadi faro makanan babi, tempurung kelapa jadi arang atau obat nyamuk bakar, ijuknya jadi sapu atau keset kaki, untuk di ekspor ke industri terkait sehingga bisa meningkatkan PAD Nias dan juga meningkatkan harga komoditi di nias sehingga pendapatan masyarakat nias naik. duit itu jangan dihambur2kan dgn proyek, misal bikin bandar(proyek akhir tahun), jembatan (yang cepat rusak contohnya lihat aja arah nias barat), jalan (yang 3 bulan udah hancur aspalnya dikota gunungsitoli udah banyak contohnya aspal buatan brr di bongkar bikin bandar dilapisin lagi aspal borongan Nias alhasil 3 bulan udah ancur)yang nikmati duitnya pejabat dan pemborong.Rakyat?jembatan rusak jalan bolong.Kalo bisa diaudit tolong diaudit itu borongan bandar(saluran air, biasa proyek akhir tahun), jalan dan jembatan di Nias.ekspose di publik, saya rasa banyak kecurangan.

    • RAMA Reply

      mantap (y)
      ini masuk akal

  14. Dian Sri Hayati Hulu Reply

    Ambil hikmahnya aja.Jangan terLaLu gegabah untuk menjadi sebuah provinsi. Liat tuh masyarakat kita, beli beras aja susah, Ayo….kita benahi Nias kita kawan2 :)

  15. Hendrikus Zagoto Reply

    Masih ada waktu. Sabar saja sambil berbenah, semoga perjuangan berikutnya dapat terwujud dengan baik. Bravo P. Nias….:)

  16. Rafsan Reply

    Untuk saat ini kata “PAS” merupakan kata yang tepat akan keputusan yang diambil oleh pemerintah/legislatif. mengingat jika toh pembentukan prov.nias terbentuk tidak serta merta membuat masy.nias mendapatkan durian runtuh ataupun emas yang seolah turun dari langit yang dapat dinikmati seluruh kalangan masy.
    Persoalan administratif, fasilitas publik yang belum memadai, hingga lapangan kerja yang masih superduper terbatas dengan PNS yang masih menjadi andalan bagi putra/putri daerah untuk mendapat pekerjaan, merupakan gambaran pelik akan problem yang masih belum dapat dituntaskan oleh setiap pemerintah yang ada dikepulauan NIAS.

  17. Am Irma ( Irma Travel Nisel) Hp: 0852 777 222 71 Reply

    Gagalnya kita Propinsi Nias, kita tdk pernah mensyukuri apa Ridho Tuhan utk kita, kita hanya memikirkan sesa’at. artinya kita diajak utk mengASAH DIRI, baik Pemerintah daerah, Masyarakat, Pemuda/i Nias, bergegaslah menOBATkan diri masing2. cukup keGAGALan yg terjadi jangan sampai keHANCURan menanti kita. Sediakanlah Payung sebelum hujan turun. perbanyaklah rasa KASIH SESAMAmu, berAMAL baik, berbuat JUJUR, JAUHkan rasa EGO, budayakan Hadia Nano Ebua Na’atakhi Hana Nano Ide-ide Nafaosi. ba Aoha Noro Niluluifahea. Nias diBerkati Sabar Ya’ahowu. Saohagolo.

  18. Elia Telaumbanua Reply

    Kita sebagai warga masyarakat Nias belajar bersyukur dan bersabar” segala sesuatu pasti terjadi indah pada waktunya” kita serahkan kepada Tuhan dan kita tunggu waktunya Tuhan..
    Nias Bangkit, Nias Maju semakin Jaya
    Yaahowu

  19. Edison Manao Reply

    saya tertarik dengan komentar-komentar yang diberikan, ada yang optimis, ada pula yang pesimis, bahkan juga apatis

    hmmmmmmm,…

    ypt, semangat truz

  20. lara dachi Reply

    nias gagal jadi provinsi, itu mah krna kurang transferannya aja. hari gini buat KTP aja bayar apalagi membentuk sebuah provins.

  21. sade Reply

    Segalanya bukan manusia yang menentukan karena manusia hanya diberikan hak untuk merancang oleh Tuhan…. untuk itu mungkin Tuhan belum mengizinkan hal ini terjadi. Namun dibalik itu, kita semua harus percaya bahwa menjadi sebuah propinsi itu Tuhan tidak menghendakinya dan pasti Dia memberikan yang terbaik dan terindah disaat waktunya nanti…….. bagi Tuhan tiada yang mustahil……. Barangkali Tuhan menghendaki Nias itu jadi suatu Negara saja kedepan…..bisa aja kan..?! karena kalau Nias jadi Propinsi semakin sulit untuk memperjuangkan menjadi sebuah negara.
    Sabar ya warga kita Nias jgn pernah kita salahkan siapa siapa apalagi dengan alasan diatas…..yang menurut kita gak masuk akal…. Untuk itu Mari kita berdoa dan berpuasa bersama sama agar semuanya dapat terjawab….apakah saudara masih ingat lagu perjuangan orang tua kita????????????? “YA’AGA IRAONO SIHINO DOLA LO ALIMAGO MBOTO NA MOGUNA dan selanjutnya………” Mari kuatkan semangat baik perang-perangan pun tak jadi masalah asalkan Tuhan menghedakinya…..Toh juga kata orang tua kita dulu bahwa Nias itu belum dijajah sebelum pembentukan indonesia…….. hanya terakhir saja dijajah…….

  22. Mezaro Ndraha Reply

    batalnya NIAS menjadi propinsi ada baiknya, walau secara pribadi sempat mengharapkannya. Kemiskinan SDM dan SDA NIAS juga menjadi pertimbangan besar selain …kabupaten yang baru berdiri perlu berbenah diri.

  23. Teo Telaumbanua Reply

    NIas apapun yang terjadi tetap semangat.
    Di balik ini pasti ada hikmahnya,
    Walaupun di batalkan ini bukanlah berarti kita mundur, inilah langkah awal bagi kita untuk menunjukkan di mata indonesia bahwa nias gak boleh di anak tirikan. :-)

  24. Perantau Reply

    Syukurlah. Nias belum jadi Provinsi..
    Saya rasa apa yang dijelaskan ‘Anonim’ sangat bener. Mungkin baiknya hasil-hasil daerah perlu ditingkatkan terlebih dahulu.Dan lebih baik lagi jika bs menjadi lapangan kerja buat putra putri daerah. Jangan hanya melihat dari sisi perkembangan infrastruktur yang sudah memenuhi standar untuk menjadi provinsi tapi buka mata lebih lebar lagi.
    Akan lebih baik jika korupsi yang meraja lela di Nias diperbaiki dahulu.
    Nias bukan milik oknum tertentu saja tapi seluruh pulau nias.
    Orang nias banyak yang merantau ke luar pulau disebabkan tidak ada lapangan pekerjaan di Nias. PNS adalah pilihan utama..Apa g ada yang lain?? Coba pikirkan…
    PERAWAT/BIDAN, PENDETA…
    Apa gak ada lagi pilihan lain…??

    Cobalah ditelaah lebih baik lagi..
    Jika sudah siap menjadi provinsi, pastibakan disetujui..
    hehehehehe..

    Sorry bile ada salah kata..
    Ya’ahowu

  25. Pingback: Nias Satu » Nasib Provinsi Kepulauan Nias Setelah Setahun Kandas

  26. RAMA Reply

    hal ini bukanlah kegagalan tetapi kesuksesan yang tertunda.
    untuk itu anak nias, mari bergandengan tangan membenahi hal kecil supaya nias itu kuat.
    nias dipandang tidak layak karena memiliki banyak kekurangan dibanding daerah lainnya.
    seperti dipostingan lainnya, nias tidak memiliki kecukupan SDM yang memadai, SDA alam kurang mendukung, dan banyak dikalangan para pemimpin atau pejabat berhobi korupt.

    pasti bisa

Leave a Reply

*

Translate »