KPU Nias Gelar Rakor Pengelolaan Keuangan Pilkada

Kegiatan Rakor dan bimbingan pengelolaan keuangan KPU Nias | KPU Nias

Kegiatan Rakor dan bimbingan pengelolaan keuangan KPU Nias | KPU Nias

NIASSATU, Nias – Dalam rangka mewujudkan pengelolaan dan penatausahaan keuangan yang akuntabel dan terpercaya, KPU Nias menggelar rapat koordinasi dan bimbingan teknis di Kantor KPU Nias, Jl Diponegoro 478 Miga Gunungsitoli, Rabu (8/7/2015).

Rakor dan bimbingan teknis tersebut menghadirkan Kepala Kejaksaan Negeri Gunungsitoli Parningotan Bakkara, Kepala KPPN Gunungsitoli yang diwakili oleh Supriadi Kasi Verifikasi Akuntansi dan Kepatuhan Internal sebagai narasumber. Acara itu juga dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Nias Abineri Gulö dan Anggota yakni Otahögö Waruwu, Angenanö Ndraha, Iman Murni Telaumbanua, Firman Mendröfa, Sekretaris Sudiman Telaumbanua beserta jajaran sekretariat KPU Kabupaten Nias.

Rakor dan bimbingan teknis tersebut juga mengundang 40 orang peserta dari 10 kecamatan yang terdiri dari Ketua dan Anggota PPK bidang keuangan, Sekretaris PPK, dan Angota Sekretariat yang membidangi penatausahaan keuangan.

“Semangat penatausahaan keuangan secara akuntabel, terpercaya, dengan hasil wajar dengan pengecualian bahkan wajar tanpa pengecualian menjadi cita-cita dan kehendak kita di KPU Kabupaten Nias. Kita memiliki harapan dan niat bahwa Pilkada yang kita gelar bukan hanya sekadarnya saja, lebih dari itu bahwa pelaksanaan pertanggung jawaban anggaran juga memenuhi azas kataatan dan kepatutan bahkan dipuji dan terpuji,” ujar Abineri pada sambutannya pada pembukaan acara tersebut seperti dikutip dari rilis yang diterima Nias Satu pada Rabu (8/7/2015) malam.

Dia mengatakan, terkait penatalayanan keuangan ini, seluruh jajaran Sekretariat KPU Nias yang diberi mandat oleh undang-undang, dengan sukarela dan berkontibusi memperluas gerakan moral Pilkada berintegritas dengan cara menandatangani Pakta Integritas sebagai wujud keinginan untuk menjaga komitmen pelaksanaan Pilkada yang baik sekaligus pertanggungjawaban anggaran secara akuntabel.

Diakhir kegiatan ini Sekretaris KPU Nias Sudiman Telaumbanua mamaparkan hal teknis tata cara pencairan, pertanggungjawaban anggaran serta melakukan pembagian DIPA Kecamatan kepada 10 Sekretaris PPK. Kegiatan ditutup dengan penandatanganan pakta integritas pengelola keuangan sebagai komitmen dalam menjaga palaksanaan anggaran secara akuntabel. (ns)

 

About the Author

Leave a Reply

*

Translate »