Peselancar Lokal Dominasi Kontes Surfing Nias Selatan 2017

Para pemenang NSOC 2017 bersama para kepala daerah di Pulau Nias | Panitia

NIASSATU, NIAS SELATAN – Empat kategori perlombaan selancar pada Nias Selatan Open Surfing Contest (NSOSC) 2017 di Pantai Sorake didominasi para peselancar lokal, Nias Selatan. Mereka bahkan menjadi peraih jura pertama pada tiga kategori.

Mereka adalah Yosa Zagötö yang menjuarai kategori Grommet Boys Division, Paskalia Lusianda Wau pada kategori Grommet Girl Division, dan Alex Bu’ulölö pada kategori Man Division. Sedangkan kategori Woman Division direbut oleh peselancar asal Brazil, Patricia Cabirini asal Brasil.

Adapun total peserta NSOSC 2017 adalah 95 peselancar. Rinciannya, 50 peserta pada kategori Man Division, 34 orang pada kategori Grommet Boy Division, 6 peserta pada kategori Grommet Girl Division, 5 peserta pada kategori Woman Division. Adapun peserta dari luar berasal dari Amerika Serikat, Australia, Cile, dan Brasil.

Koordinator NSOSC 2017 Sorake Fridolin Wau mengharapkan kompetisi tersebut memotivasi para peselancar muda untuk terus berlatih dan juga mendapatkan kesempatan untuk berlomba di tingkat nasional maupun internasional.

“Kami berharap lewat kompetisi seperti NSOSC ini bisa memberikan motivasi kepada peselancar muda untuk terus berlatih dan menekuni olahraga air yang menantang ini. Saya sangat berharap teman-teman yang sukses di lomba ini bisa memiliki kesempatan berlomba di luar. Jika ada upaya, segala tantangan, terutama dalam pembiayaan, pasti ada jalan keluar,” Firdolin pada penutupan acara tersebut, Jum’at, 28 Juli 2017.

Sementara itu, pada penutupan dan penyerahan hadiah kepada para pemenang di Pantai Sorake, Bupati Nias Selatan Hilarius Duha mengatakan bahwa kegiatan tersebut akan dilaksanakan setiap tahun dan menargetkan lebih banyak peserta dari berbagai negara. Karena itu, dia minta kegiatan serupa ke depan dipersiapkan dan dipromosikan jauh-jauh hari.

“Diperlukan persiapan dan promosi yang dari jauh-jauh hari. Ini tantangan semua. Saya berharap SKPD terkait, termasuk komunitas dan masyrakat, untuk bekerja keras untuk ini sehingga cita-cita kita untuk menjadi destinasi utama pariwisata bisa tercapai. Dengan begitu semakin banyak wisatawan yang datang ke Pulau Nias, utamanya ke Nias Selatan,” ujar dia dalam acara yang juga dihadiri Bupati Nias Barat Fuduhusi Daeli, Wali Kota Gunungsitoli Lakhömizaro Zebua, Wakil Bupati Nias Arosökhi Waruwu, Bupati Nias Utara Ingati Nazara, Wakil Bupati Nias Utara Haogösökhi Hulu tersebut.

Dia juga mengajak pada kepala daerah yang hadir tersebut agar pada kegiatan serupa di masa mendatang mengirimkan wakil-wakil daerahnya.

Berikut daftar lengkap pemenang pada empat kategori:

Kategori Grommet (Boys Division):

  1. Yosa Zagötö (Indonesia, Nias Selatan)
  2. Widianto Wau (Indonesia, Nias Selatan)
  3. Alinea Maduwu (Indonesia, Nias Selatan)                

 

Kategori Grommet (Girl Division)

  1. Paskalia Lusianda Wau (Indonesia, Nias Selatan)     
  2. Warna Sari Wau (Indonesia, Nias Selatan)
  3. Margaret Lorena Maruhawa (Indonesia, Nias Selatan)

 

Kategori Woman Division

  1. Patricia Cabirini (Brasil)
  2. Lyndall Edmonds (Amerika Serikat)
  3. Yasnyiar Gea (Indonesia)

 

Kategori Man Divion

  1. Alex Bu’ulölö (Indonesia, Nias Selatan)
  2. Nicolas Undurraga (Cile)
  3. Rahel Fernandus Wau (Indonesia, Nias Selatan). (ns1)
About the Author

Leave a Reply

*

Translate »