4 Maret, Pagelaran Seni Budaya dan Kuliner Nias Hadir di Bundaran HI

Pagelaran Seni Budaya dan Kulinter Nias | PPN

NIASSATU, JAKARTA – Tahun ini, tepatnya pada Minggu, 4 Maret 2018, Pemuda Peduli Nias (PPN) kembali mengadakan kegiatan pengenalan Kepulauan Nias kepada masyarakat Indonesia dan mancanegara.

Kegiatan itu akan dilakukan dalam bentuk Pagelaran Seni Budaya dan Kuliner di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia memanfaatkan waktu hari bebas kendaraan bermotor (car free day/CFD) di ruas jalan Thamrin – Sudirman.

Kegiatan tersebut akan digelar dan dimeriahkan bersama oleh Sanggar Persatuan Masyarakat Nias (Pemanis) Tangerang dan Sanggar Tologu serta kelompok vokalis Nias yang tergabung dalam grup Owo Voice.

Dalam kegiatan tersebut, pengunjung bisa menikmati kulinter, kerajinan, asesoris yang berkaitan dengan Kepulauan Nias. Termasuk lagu-lagu berbahasa Nias dan atraksi budaya Nias.

“Latarbelakang kegiatan ini adalah untuk mengenalkan seni budaya dan kuliner Kepulauan Nias kepada masyarakat luas, masyarakat Indonesia dan dunia,” ujar Evan Zebua, salah satu panitia penyelenggara acara ini kepada Nias Satu, Rabu (14/2/2018).

Evan menjelaskan, selain mengenalkan Kepulauan Nias dan keunikannya, acara ini juga sebagai sarana mengedukasi masyarakat Nias tentang pentingnya pelestarian budaya dan seni.

“Diharapkan, melalui kegiatan ini, pada akhirnya berdampak terangkatnya ekonomi kreatif dari Kepulauan Nias dan bisa menjadi salah satu sumber mata pencaharian masyarakat, baik dari keunikan budaya dan adatnya, maupun kulinernya,” jelas dia.

Di acara ini, para pengunjung akan menikmati aneka jenis kuliner khas Nias dan sejumlah atraksi seni budaya. Di antaranya, atraksi lompat batu yang legendaris, tari perang, hingga tari kolosal khas Nias, maena.

Evan mengatakan, persiapan acara yang juga didukung secara perseorangan maupun berkelompok oleh masyarakat Nias telah mencapai 75%.

Sebelumnya, pada tahun lalu, PPN juga menggelar acara serupa memanfaatkan waktu CFD namun dengan fokus pada pagelaran budaya pada Minggu, 12 Februari 2017.

Nah, bagi masyarakat Nias maupun Anda yang selama ini penasaran untuk mengetahui lebih banyak tentang Kepulauan Nias, termasuk menyaksikan atraksi seni budaya yang selama ini mungkin hanya bisa lihat di televisi atau di media berita, silakan menghadiri acara ini.

Bila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut atau juga mau mendukung pelaksanaan kegiatan ini, silakan mengontak panitia pada nomor-nomor di bawah ini:

  1. Berry Gea 0812-1211-2035
  2. Clinton 0813-1928-9025
  3. Vian Wau 0812-1159-8257
  4. Reni Sarumaha 0852-6190-5000. (ns1

 

About the Author

Leave a Reply

*

Translate »