KENAIKAN PANGKAT

Hidayat Manaö dan Bahagia Dachi Resmi Sandang Pangkat Brigadir Jenderal

Brigjen TNI (Chk) Hidayat Manaö dan Brigjen Pol Bahagia Dachi saat masih berpangkat Kolonel dan Kombes | Diolah Nias Satu

NIASSATU, JAKARTA – Dua putra Kepulauan Nias secara resmi beralih ke level perwira tinggi (Pati) dengan kenaikan pangkat menjadi Brigadir Jenderal (Brigjen) pada hari ini. Mereka adalah Brigjen (Chk) Hidayat Manaö dan Brigjen (Pol) Bahagia Dachi.

Resminya mereka menyandang pangkat baru tersebut ditandai dengan upacara kenaikan pangkat yang dilakukan pada hari ini, Jum’at, 2 Februari 2018. Brigjen Hidayat mengikuti upacara kenaikan pangkat di Mabes TNI yang dipimpin oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

“Siang ini oleh Panglima TNI,” ujar Brigjen Hidayat kepada Nias Satu, Jum’at (2/2/2018).

Sedangkan Brigjen (Pol) Bahagia Dachi telah menjalani jabatan fungsional sesuai pangkat barunya di BNN pada Januari 2018.

Brigjen Hidayat saat ini menjabat sebagai Hakim Agung untuk Kamar Militer di Mahkamah Agung. Dia dilantik oleh Ketua MA Hatta Ali pada  7 November 2017 di Gedung MA. Pelantikan pria kelahiran Desa Bawömataluo, Kecamatan Fanayama, Kabupaen Nias Selatan itu berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Joko Widodo Nomor: 117/P Tahun 2017 tanggal 26 Oktober 2017. Sebelum menjabat Hakim Agung, Brigjen Hidayat menjabat sebagai Kepala Peradilan Militer II Jakarta. (Baca: Dilantik, Kol. Chk. Hidayat Manaö Resmi Jadi Hakim Agung)

Sedangkan Brigjen (Pol) Bahagia sebelumnya menjabat sebagai Kabaggrenmin Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri, lalu sebagai Analis Kebijakan Madya bidang Pencegahan Densus 88 AT (2016). Seiring dengan kenaikan pangkat tersebut, Brigjen (Pol) Bahagia digeser ke Badan Narkotika Nasional (BNN) sebagai Direktur Tindak Pidana Pencucian Uang pada Deputi Bidang Pemberantasan BNN sejak 19 Januari 2018.

Sehari sebelumnya, Kamis (1/2/2018) keduanya dengan para perwira tinggi TNI dan Polri yang mendapatkan kenaikan pangkat bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan.

Kedua putra Nias kelahiran Kabupaten Nias Selatan tersebut sekaligus menambah daftar putra Kepulauan Nias dalam jabatan Perwira Tinggi, baik yang sedang menjabat maupun yang sudah purnawira. (ns1)

About the Author
Translate »