Terbang ke Tiongkok, Presiden Jokowi Mulai Lawatan Perdana ke Luar Negeri

NIASSASTU, JAKARTA – Karena baru dilantik belum sebulan lalu, beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla menjadi serba pertama bagi mereka.

Kali ini, Presiden Jokowi akan mengawali perjalanan pertamanya ke luar negeri dalam kapasitas sebagai Presiden. Dan untuk pertama kalinya, negeri Tirai Bambu, Tiongkok, menjadi negara pertama yang dikunjunginya. Bertepatan di negara itu, akan digelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Pacific Economic Forum (APEC) yang akan dihadiri sejumlah kepala negara berpengaruh di dunia.

Menggunakan pesawat kepresidenan, Presiden Jokowi berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma diantar oleh Wapres Jusuf Kalla, sejumlah menteri dan petinggi militer.  Pesawat berangkat sekita r pukul 9.20 wib.

Menseskab Andi Widjajanto mengatakan, di KTT itu, Presiden Jokowi akan menyampaikan pandangannya mengenai pembangunan infrastruktur di kawasan Asia.

Selama di Beijing, Tiongkok, Presiden Jokowi akan bertemu untuk pertama kalinya dengan sejumlah kepala negara dan kepala pemerintahan. Di antaranya, Presiden Amerika Serikat Barrack Obama, Presiden Rusia Vladimir Putin, selain Presiden dan Perdana Menteri Tiongkok sebagai tuan rumah.

Selanjutnya, Presiden Jokowi akan melanjutkan perjalanan ke Nay Pyi Taw, Myanmar, untuk menghadiri KTT ASEAN.

Selama di Myanmar, Presiden Jokowi juga dijadwalka akan menghadiri pertemuan ASEAN dengan mitra ASEAN serta KTT Asia Timur. Lalu, dari Myanmar, Presiden Jokowi akan terbang ke Brisbane, Australia guna menghadiri KTT G-20. Di Brisbane, Presiden Jokowi akan bertemu dengan PM Australia Tony Abbot dan PM Spanyol Mariano Rajoy.

Dalam perjalanan perdana tersebut, Presiden Jokowi membawa serta istri dan anak-anaknya. Juga ditemani Menlu Retno P. Marsudi, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, Andi WIdjajanto dan sejumlah wartawan. Rombongan akan kembali ke Indonesia pada Minggu (16/11) pekan depan.

Kunjungan ke luar negeri ini juga menjadi alasan harapan PGI dan masyarakat Nias agar Presiden Jokowi ke Nias dalam rangka membuka Sidang Raya PGI XVI tidak bisa terealisasi. Presiden Jokowi akan diwakili oleh Wapres Jusuf Kalla. (ns3)

 

About the Author

Leave a Reply

*

Translate »