Siap-siap, Dana Desa Cair Mulai April 2015

NIASSATU, JAKARTA – Dana desa yang dijanjikan dibagikan pemerintah pada tahun ini dipastikan akan dicairkan pada bulan depan, April 2015. Setiap desa, menerima rata-rata sebesar Rp 750 juta.

“Dana tersebut meliputi Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat dan alokasi dana desa (ADD) di tingkat provinsi dan kabupaten/kota,” ujar Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar dalam siaran pers, Senin (9/3/2015).

Dia mengatakan, dana tersebut diharapkan menjadikan desa lebih produktif serta meningkatkan kegiatan ekonomi di desa. Juga agar masyarakat desa yang bekerja dan memiliki usaha makin bertambah dan kualitas pelayanan sosial semakin meningkat.

Dia menambahkan, dana desa itu diharapkan digunakan untuk membiayai pengelolaan sumber daya di desa menjadi kegiatan usaha produktif sehingga menghasilkan manfaat nyata. Sebagai contoh, untuk mengembangkan dan mengelola potensi sumber daya air guna memenuhi kebutuhan air bersih di desa.

Tak cuma itu, juga bisa digunakan untuk mendapatkan nilai tambah produk desa melalui pemanfaatan teknologi produksi, pengolahan dan pengemasan modern. Dengan begitu, produk desa yang dijual di pasar bukan lagi hasil panen langsung tetap sudah dalam bentuk olahan dengan nilai tambah yang lebih baik.

Bentuk lain penggunaan dana itu, kata dia, adalah untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia did esa berupa pelatihan-pelatihan dan penyediaan media informasi guna meningkatkan wawasan masyarakat desa. (ns1)

About the Author

Leave a Reply

*

Translate »