Sinode BNKP Luncurkan Website Resmi TuriaBNKP.Org

Tampilan depan situs resmi Sinode BNKP turiaBNKP.org | NS

Tampilan depan situs resmi Sinode BNKP turiaBNKP.org | NS

NIASSATU, GUNUNGSITOLI – Sebuah perkembangan dan langkah positif dilakukan oleh Sinode Banua Niha Keriso Protestan (BNKP) terkait pemanfaatan teknologi informasi. Yakni, dengan membuat sebuah website resmi yang diluncurkan hari ini.

“Oh iya, baru diluncurkan. Secara de jure hari ini. Tim akan terus bekerja menambah data, warta dan info timbal balik,” ujar Ephorus BNKP Pdt. Dr. Tuhoni Telaumbanua kepada Nias Satu, Selasa (22/3/2016).

Ketika ditanya mengenai latarbelakang pembuatan website resmi itu, Pdt. Tuhoni mengaitkannya dengan penyesuaian model misi di dunia modern yang dicirikan dengan peranan elektronik dan media sosial.

“Misi di era ini tidak lagi hanya model lama. Misi melalui elektronik dan jaringan sosial cukup efektif. Juga dapat dengan cepat mendengar keluhan, kasus, dan usul dari jemaat dan cepat menanganinya. Selain itu, gereja yang lokalis juga universalis. Dan yang paling urgen adalah mengkomunikasikan info dan kebijakan sinodal kepada jemaat dan masyarakat luas,” papar dia.

Seperti dikutip dari editorial perdana website tersebut yang juga ditulis oleh Pdt. Tuhoni, dituturkan bahwa disadari telah terjadi pergeseran pola “menjadi Saksi Kristus.” Dulu dilakukan dengan berkeliling ke tempat lain atau diutus oleh suatu badan misi ke daerah lain yang membuat kita mengenail istilah Misionaris atau Zendeling.

“Tetapi kemudian diiringi melalui pesan tertulis atau berupa buku, lalu dewasa ini “pesan” (Kabar Baik) itu dapat dilaksanakan melalui elektronik dan media sosial. Dalam bingkai itulah, maka BNKP untuk menyukseskan tugas panggilannya dan menjabarkan berbagai program dengan visi: “BNKP teguh dalam persekutuan dan menjadi berkat bagi dunia” – memandang perlu mengembangkan sistem informasi dan komunikasi melalui teknologi komunikasi, antara lain dengan “pelayanan website”,” tutur dia.

Adapun tujuannya adalah pertama, agar melalui komunikasi timbal balik, semakin terciptanya persekutuan yang indah dan Kristiani; Kedua, agar kebijakan dan program yang dilaksanakan oleh semua aras, baik di sinodal, maupun resort dan jemaat dapat diinformasikan dengan cepat dan menjangkau banyak pihak. Dan ketiga, cepat tibanya informasi dan kebijakan dari sinodal ke resort hingga jemaat; dan sebaliknya informasi serta usul dan pertanyaan dari jemaat dan resort dapat tiba dengan cepat ke sinodal.

Isi situs dengan menu utama terdiri dari menu: Beranda, Profil BNKP, Dokumen & Peraturan, Warta & Tulisan serta Login Anggota tersebut belum banyak. Namun, kata Pdt. Tuhoni, tim yang mengelolanya secara bertahap melengkapinya.

Hal yang menarik, pada menu Dokumen & Peraturan, memuat dokumen yang dapat diunduh karena dimasukkan dalam format PDF. Dengan demikian, jemaat atau masyarakat umum bisa mendokumentasikannya untuk keperluan pribadi atau untuk dibagikan kembali sebagai rujukan.

Informasi dokumen dan peraturan terbaru yang dimuat di menu tersebut adalah Surat Keputusan tentang Penetapan dan Pengesahan Liturgi (Agende) BNKP tertanggal 4 Desember 2015. Dari pantauan Nias Satu, sudah lebih dari 60 orang mengunduh dokumen tersebut.

Karena website ini juga difungsikan untuk mendapatkan masukan langsung dari pengunjung, maka tersedia ruang untuk meninggalkan komentar atau tanggapan pada setiap informasi yang dimasukkan oleh Sinode BNKP.

Selamat atas peluncuran TuriaBNKP.Org.(ns1)

 

 

 

 

 

About the Author
  1. Yanuari Hulu Reply

    Terima Kasih telah membuat web resmi BNKP, Semoga web resmi ini menjadi saluran berkat bagi seluruh dunia, Amin.

Leave a Reply

*

Translate »