Google Lakukan Perekaman Peta Digital Pulau Nias

Mobil Khusus Google untuk perekaman peta wilayah | bercacakra.co.id

Mobil Khusus Google untuk perekaman peta wilayah | bercacakra.co.id

NIASSATU, GUNUNGSITOLI – Sebuah Tim dengan dua unit mobil khusus dari Google telah tiba di Pulau Nias pada hari ini, Kamis (28/4/2016). Tim tersebut akan melakukan perekaman peta tiga dimensi jalan-jalan di Pulau Nias.

“Kegiatan kami di Nias, pertama, melakukan mapping/pemetaan wilayah, jalan lingkungan yang diperuntukkan sebagai peta digital yang dapat diakses melalui web google.com/maps atau maps.google.com/streetview. Atau dapat juga diakses melalui aplikasi google maps/streetview yang ada di android,” ujar Didi, salah satu personil Tim Google kepada Nias Satu, Kamis (28/4/2016).

Dia menjelaskan, selain melakukan pemetaan, pihaknya juga menelusuri akses jalan dan jembatan ke destinasi-destinasi wisata yang ada di Pulau Nias. Hasil penelusuran itu nanti akan ditindaklanjuti dalam bentuk pemetaan oleh tim yang berbeda, yakni Special Collect Team dari Google.

“Hasil kerja kami dapat digunakan masyarakat umum secara gratis. Dan masyarakat juga dapat menggunakannya sebagai media iklan (lokasi/tempat usaha) atau dapat juga sebagai media penunjuk arah,” jelas dia.

Dia mengatakan, hasil pekerjaan tim tersebut paling cepat sudah bisa dinikmati satu bulan setelah perekaman dilakukan.

Ditanya mengenai pertimbangan khusus bagi Google memasukkan Pulau Nias dalam program pemetaan digital tersebut, Didi mengatakan, tidak ada pertimbangan khusus.

“Misi utama Google Indonesia adalah memetakan semua jalan, jembatan, lingkungan, kependudukan dan kondisi ril dari sebuah lokasi. Tapi, untuk Special Collect Team, tujuan utama mereka adalah lokasi wisata, baik darat, danau maupun laut,” terang dia.

Dia memaparkan, untuk tahap awal, pihaknya akan melakukan pemetaan di pulau utama di Pulau Nias, di empat kabupaten dan satu kota. Sedangkan untuk selanjutnya akan dilakukan oleh Special Collect Team.

“Pemetaan kami perkirakan setidaknya selama satu bulan, paling lama dua bulan. Tapi sangat tergantung pada cuaca dan keadaan lingkungan,” papar dia.

Untuk melakukan perekaman, tim dilengkapi dengan dua unit mobil yang dilengkapi kamera khusus.  (ns1)

About the Author
  1. mend Reply

    Ini baru namanya kekinian.. sangat membangun sekali, akses dan informasi mudah.siap2 gps nya…

Leave a Reply

*

Translate »