8 Bakal Calon Bupati Nias Selatan Mendaftar ke PDI-P

NIASSATU, NIAS SELATAN – Dari sekitar 11 pihak yang telah mengambil formulir pendaftaran di DPC PDI-Perjuangan Nias Selatan, hanya 8 orang/pasangan yang mengembalikan atau menyerahkan pendaftarannya kembali.

“Sejak pembukaan pendaftaran, sebanyak 11 orang mengambil formulir. Namun, sampai batas penyerahan formulir pendaftaran pada 20 April 2015 hanya 8 orang/pasangan yang mengembalikan berkas dan mendaftar,” ungkap Ketua Tim Penjaringan calon kepala daerah PDI-Perjuangan Nias Selatan Mukami Bali kepada Nias Satu, Selasa (21/4/2015) malam.

Mukami mengatakan, untuk sementara, semua persyaratan telah telah terpenuhi dan untuk kelengkapan berkas selanjutnya menyesuaikan tahapan pilkada, baik secara partai maupun KPU.

Adapun nama-nama yang sudah menyerahkan berkas pendaftaran adalah 1. Lianus Ndruru (17 April 2015); 2. Idealisman Dachi (17 AprIL 2015); 3. Hilarius Duha (18 April 2015); 4. Asli Manaö/Philipus Giawa (17 April 2015); 5. Nasowanolo Lö’I (18 April 2015); 6. Efendi /Sehati Halawa (18 April 2015); 7. Fauduasa Hulu (18 April 2015); dan Sio Gaho (18 April 2015). Sedangkan tiga nama yang tidak mengembalikan formulir pendaftaran adalah Fa’atulö Tafona’ö, Stevan Dakhi dan Budieli Laia.

“Hari ini (Selasa, 21/4/2015) PDIP Nias Selatan melakukan pleno dan berkasnya akan dibawa besok (hari ini, Rabu, 22/4/2015) ke DPD PDI-P Sumut. Tahapan selanjutnya kemudian akan dikirimkan ke DPP PDI-P di Jakarta,” jelas dia.

Ditanya mengenai tidak adanya nama Elisati Halawa dalam daftar yang mengambil dan menyerahkan formulir pendaftaran tersebut, Mukami membenarkan bahwa Elisati tidak mengambil formulir pendaftaran.

Mukami mengatakan, partainya memiliki mekanisme jika seorang ketua atau wakil ketua DPRD tidak diperbolehkan mendaftar sebagai calon kepala daerah atau wakil kepala daerah. Terkait hal itu semua tergantung keputusan DPP bila memberikan perintah untuk mencalonkan diri.

“Kader PDI-P yang merupakan pimpinan DPRD dilarang mencalonkan diri atau dicalonkan menjadi kepala daerah/wakil kepala daerah kecuali mendapat perintah langsung dari DPP,” jelas dia.

Sebelumnya dikabarkan, Elisati Halawa akan maju mencalonkan diri yang menjadi representasi wilayah ‘Nias Tengah’. Seperti diketahui, saat ini Elisati menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Nias Selatan. (Baca: Rebut Posisi Bupati Nias Selatan, Warga ‘Nias Tengah’ Usung Calon Sendiri). (ns4)

 

 

About the Author

Leave a Reply

*

Translate »