Bahas Nasib GBD, DPRD dan Pemda Nias Selatan Gelar Rapat Tertutup

NIASSATU, NIAS SELATAN – Menindaklanjuti pengumuman seleksi Guru Bantu Daerah (GBD) dan juga protes para peserta seleksi yang tidak lulus yang notabene sebagian di antaranya adalah GBD lama, DPRD menggelar rapat tertutup dengan Pemda Nias Selatan di Kantor DPRD.

“Rapat masih berlangsung. Saya belum bisa memberikan informasi mengenai kesimpulannya,” ujar Ketua DPRD Nias Selatan Sidi Adil Harita melalui pesan singkat kepada Nias Satu, Rabu (18/2/2015). Rapat dimulai pukul 10.00 WIB.

Sementara itu, anggota DPRD dari Komisi B Yulinar Bidaya mengatakan bahwa rapat tersebut dilakukan secara tertutup, hanya dihadiri oleh pihak Pemda Nias Selatan dan DPRD.

Dihubungi terpisah, Sekretaris DPRD Nias Selatan Faböwösa Laia membenarkan adanya rapat tertutup tersebut.

“Rapat itu untuk membicarakan solusi bagi GBD yang belum tertampung,” ujar dia.

Faböwösa mengatakan, peserta rapat dengar pendapat tersebut adalah pimpinan DPRD, Ketua/Anggota Komisi B DPRD, Plt. Sekda Faduhusi Daely dan Kadis Pendidikan Firman Giawa.

Ditanya mengenai tidak diundangnya para GBD yang tidak lolos seleksi, Fabowosa mengatakan, DPRD telah mengagendakan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU).

“Perwakilan GBD turut diundang. Pers juga bisa meliput langsung karena terbuka untuk umum. Kalau hari ini tertutup untuk umum,’

Sebelumnya, para GBD yang tidak lolos melakukan dua kali aksi demonstrasi menuntut peninjauan kembali hasil seleksi GBD 2015 yang telah diumumkan Disdik Nias Selatan. Mereka menduga ada ketidaktransparanan dalam proses seleksi. (Baca: Ratusan Peserta Tuntut Pembatalan Hasil Seleksi GBD 2015 Nias Selatan).

Mereka juga menemukan ada beberapa keganjilan dan juga ketidaktaatan pada kesepakatan dengan DPDR Nias Selatan pada 20 Januari 2015. Selain mendemo kantor Disdik, mereka juga mendatangi DPRD Nias Selatan pada Jum’1t (13/2/2015). (Baca: Ini Dia Kesepakatan DPRD – Pemda Nias Selatan Soal GBD Pada 20 Januari 2015). Sementara Kadisdik Firman Giawa mengatakan tidak akan membatalkan hasil seleksi yang telah diumumkan karena pelaksanaannya telah sesuai prosedur. (ns4)

About the Author

Leave a Reply

*

Translate »